Nama Lengkap Ulama Hadits dan Fiqih

Daftar Isi
Nama Lengkap Ulama Hadits dan Fiqih_Di dalam kitab-kitab salaf pada umumnya, kita akan sering bertemu dengan nama-nama ulama yang secara tertulis hanyalah panggilan masyhur saja, tanpa menyertakan nama lengkap ulama tersebut apa lagi menyebutkan masa pengarang. Baca juga :


Artikel ini sekaligus akan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang sederhana tetapi terkadang juga penting, yaitu nama lengkap ulama-ulama hadits kita, seperti Imam Bukhari, Muslim, Turmudzi, Dawud. Atau mungkin ulama-ulama fiqih kita seperti Maliki, Hanafi, Hambali dan Syafi'i.
https://www.abusyuja.com/2019/09/nama-lengkap-ulama-hadits-dan-hadits.html

Nama Lengkap Ulama Hadits dan Fiqih

Nama lengkap Ulama Hadits 

Berikut nama-nama ulama hadits yang termasuk dalam kategori ulama masyhur, yaitu pengarang kitab hadits yang memiliki standard kualitas terbaik yang masuk kedalam dalam al-kutub al sittah.

1. Imam Bukhari

Nama lengkap beliau adalah Muhammad bin Ismail Al Bukhari. Beliau hidup pada tahun 194 sampai 256 Hijriyah atau 810-870 Masehi. Beliau merupakan Pengarang kitab hadits masyhur yaitu Shahih Bukhari.

2. Imam Muslim

Nama lengkap beliau adalah Muslim Bin al-Hajjaj al-Qusyairi an-Naisaburi. Beliau hidup pada tahun 204 sampai 261 Hijriyah atau 820-875 Masehi. Beliau juga merupakan Pengarang kitab hadits masyhur yaitu Shahih Muslim.

3. Imam Tirmidzi

Nama lengkap beliau adalah Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah al-Tirmidzi. Beliau hidup pada tahun 209 sampai 279 Hijriyah atau 824-892 Masehi. Salah satu karangan beliau yang masyhur adalah Sunah Turmudzi.

4. Abu Dawud

Nama lengkap beliau adalah Abu Dawud Sulaiman bin Asy’at Beliau hidup pada tahun 202 sampai 275 Hijriyah atau 830-915 Masehi. Kitab karangan beliau yang masyhur adalah Sunah Abu Dawud.

6. Imam Nasa'i

Nama lengkap beliau adalah Abu Abdirrahman Ahmad bin Syu'aib an Nasa'i, beliau hidup pada tahun 215 sampai 303 Hijriyah atau 830-915 Masehi. Beliau merupakan Pengarang kitab hadits masyhur yaitu Sunah an-Nasa'i.

7. Ibnu Majah

Nama lengkap beliau adalah Abu Abdillah Muhammad bin Yazid Majah al-Qozwini, beliau hidup pada tahun 209 sampai 273 Hijriyah atau 824-887 Masehi. Beliau merupakan Pengarang kitab hadits masyhur yaitu Sunah Ibnu Majah.

Nama lengkap Ulama Fiqih

Berikut nama-nama lengkap ulama besar di bidang fiqih yang mengawal mazhab-mazhab tertentu.

1. Imam Syafi'i

Nama lengkap beliau adalah Abu Abdillah Muhammad bin Idris bin Abbas bin Utsman bin Syafi' bin as-Sa'ib bin 'Ubaid bin 'Abdi Yazid bin Hasyim bin al-Muthtahalib bin Abdi Manaf  bin Qushay bin Kilab Al Quraisy Al Muthtahalibi Asy Syafi'i Al Makki. Beliau dilahirkan pada tahun 150 Hijriyah atau 767 Masehi di Gaza Palestina. Beliau merupakan pendiri Mazhab Syafi'i.

2. Imam Hanafi

Nama lengkap beliau adalah Abu Hanifah an-Nu'man bin Tsabit bin Zutha al-Kufi. Beliau lahir pada 80 Hijriyah atau 699 Masehi di Anbar. Beliau merupakan pendiri mazhab Hanafi

3. Imam Hambali

Nama lengkap beliau adalah Abu Abdillah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilal Syaibani. Beliau lahir pada tahun 164 Hijriyah atau 781 Masehi. Yang merupakan pendiri mazhab Hambali

4. Imam Maliki

Nama lengkap beliau adalah Abu Abdillah Malik bin Anas bin Abi Amir Al Ashbahi Al Arabi. Beliau lahir di Madinah pada tahun 95 Hijriyah atau 713 Masehi dan dibesarkan di kota tersebut hingga wafat pada tahun 179 Hijriyah atau 795 Masehi. Beliau merupakan pendiri dari mazhab Maliki

Itulah pembahasan mengenai Nama Lengkap Ulama Hadits dan Fiqih. Semoga bermanfaat.

Diterbitkan oleh : Abu Syuja