Doa Agar Tidak Mudah Lupa Materi Pelajaran

Daftar Isi
https://www.abusyuja.com/2020/02/doa-agar-tidak-mudah-lupa-pelajaran-materi.html
Abusyuja.com_Manusia memiliki daya ingat yang berbeda-beda. Ada yang mudah ingat, ada juga yang sulit ingat. Selain dayan ingat, manusia juga memiliki daya tangkap yang berbeda-beda. Ada yang diajari sebentar langsung paham, ada juga yang diajari berkali-kali tetapi tidak paham-paham juga.

Pada kesempatan kali ini, sesuai judul di atas, Abusyuja.com akan membagikan doa yang memiliki banyak sekali manfaat. Doa ini dikhususkan bagi anda yang keseringan lupa ketika sedang belajar. Tidak hanya itu saja, doa yang sering disebut "futuhal aarifin" dikalangan pesantren ini juga bisa dibaca ketika hendak mau belajar, menghafal, bahkan ketika sedang menghadapi ujian.

Baca juga:

Dikalangan pesantren, doa ini sudah dianggap seperti doa sebelum makan, doa yang diucapkan ketika hendak ingin menghafal makanan sehari-hari, yaitu nadzom-nadzom yang telah masyhur dianggap sulit, seperti Al-'Imrithi, Al-Fiyah Ibnu Malik, dll. Sebelum menghafal, mereka bisanya mensucikan diri terlebih dulu dengan cara berwudhu. Karena hadas kecil dan besar dipercaya dapat mengganggu konsentrasi saat menghafal. Setelah itu, mereka mencari tempat yang sepi, agak remang-remang alias tidak terlalu terang agar fokus yang mereka cari dapat maksimal.

Cara di atas tentu saja bisa anda terapkan dirumah. Sebelum memulai belajar sesuatu,  pastikan diri kita suci terlebih dahulu dari hadas kecil maupun besar. Kemudian berdoalah supaya Allah Swt. membukakan pintu ilmu-Nya, serta menajamkan daya ingat kita ketika memasukkan materi atau pelajaran ke otak kita.

Begitu juga saat ujian atau tes, Doa ini juga baik dibaca sebelum mengerjakan tes. Dan dianjurkan pula berwudhu sebelum berdoa. Agar artikel ini tidak terlalu pendek, berikut kami rangkumkan tips cara menghafal yang super ampuh dan sudah menjadi rahasia umum dikalangan pondok pesantren:
  • Pastikan diri kita suci dari hadas kecil maupun besar
  • Berdoalah kepada Allah Swt., doa "futuhal aarifin" seperti di atas.
  • Menghadaplah ke arah kiblat
  • Cari tempat yang tenang agar mudah dalam berkonsentrasi
  • Jika menghafal nadzom, bacalah sebanyak 10 kali, kemudian ulang sebanyak 30 kali tanpa melihat nadzom. Di baris kedua caranya juga sama, baca 10 kali, kemudian ulang sebanyak 30 kali beserta nadzom sebelumnya.
  • Jika berupa materi pelajaran, anda cukup memahaminya, kemudian berlatihlah dengan 5 soal yang berkaitan dengan materi tersebut.
Dan yang terakhir perlu anda ingat juga, kami tidak menjamin 100% cara di atas akan benar-benar berhasil. Semua dikembalikan pada diri kita masing-masing. Sebab, kefokusan setiap orang itu berbeda-beda, daya ingat orang juga beda-beda, serta daya tangkap orang juga beda-beda.

Semua tergantung pada diri kita sendiri, dan tak luput pula dari campur tangan Allah Swt., Dia adalah Dzat yang dapat menciptakan keajaiban, Dia adalah Tuhan yang mampu menolong kita, membuka akal kita diluar logika kita sendiri.

Itulah pembahasan mengenai Doa Agar Tidak Mudah Lupa Pelajaran/Materi. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam