Doa-Doa Harian Lengkap dengan Artinya Sesuai Sunnah

Daftar Isi

http://www.abusyuja.com/2020/06/doa-doa-harian-lengkap-dengan-artinya.html
Abusyuja.com_Pada kesempatan kali ini, kami ingin membahas mengenai doa-doa pilihan yang bisa anda amalkan setiap hari, baik diamalkan oleh orang tua, orang dewasa maupun anak-anak, dan tentunya sesuai sunnah Nabi lengkap dengan artinya. Tetapi sebelum ke pembahasan utama, kami akan berikan sedikit tips agar doa kita cepat dikabulkan. Setidaknya ada 5 syarat agar doa yang kita panjatkan dikabulkan oleh Allah Swt. Apa saja itu? Berikut penjelasannya:

1. Ikhlas

Berdoalah dengan ikhlas. Maksudnya adalah berdoa karena semata-mata karena Allah, bukan untuk mengharapkan maksud lain.

2. Tidak berdoa untuk sesuatu yang dilarang agama

Berdoalah untuk sesuatu yang positif dan bermanfaat untuk kita, jangan berdoa meminta sesuatu yang diharamkan oleh Agama, karena hukumnya adalah haram.

3. Hendaknya makan dan berpakaian halal dan bagus

Jagalah makanan yang masuk ke perut kita dari perkara yang haram. Sebab, hal tersebut dapat menghambat terkabulnya doa. Dan disunnahkan memakai pakaian yang rapi dan sopan.

4. Tidak tergesa-gesa menunggu terkabulnya doa

Jangan tergesa-gesa. Allah Swt. lebih tahu kapan kita membutuhkan hajat tersebut. Bisa saja doa tersebut tidak dikabulkan, akan tetapi Allah Swt. akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih istimewa.

5. Berdoalah dengan khusyuk dan yakin bahwa doa kita akan dikabulkan

Selain tergesa-gesa, kita juga dilarang untuk pesimis. Yakinkan hati anda bahwa Allah akan mengabukan doa kita. Sebab, apabila kita yakin doa kita dikabulkan, niscaya Allah Swt. akan mudah mengabulkannya. Berbeda dengan orang yang sudah berputus asa dan berburuk sangka kepada Allah Swt. sejak awal.

Nah, itulah 5 tips agar doa kita dikabulkan oleh Allah. Dan sekarang, kita beralih ke pembahasan utama kita, yaitu tentang kumpulan doa sehari-hari lengkap dengan artinya sesuai sunnah.

Kumpulan doa sehari-hari


Doa sebelum tidur

بِسْمِكَ اللّٰهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ 

Latin: Bismikallahumma ahyaa wabismika wa-amuut.

Artinya: “Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku hidup dan mati.”

Doa setelah tidur

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ 

Latin: Alhamdulillahilladzii ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wailaihin nusyuur.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkanku kembali (bangun) setelah mematikanku (tidur) dan hanya kepada Allah aku dikembalikan.”

Doa masuk kamar mandi

اَللّٰهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Latin: Allahumma inni a’uudzubika minalkhubutsi wal khabaaits.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan setan  laki-laki dan setan perempuan."

Doa keluar kamar mandi

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Latin: Ghufraanakalhamdul lillahilladzii adzhaba ‘annil adza wa’aafaanii.

Artinya: "Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan."

Doa ketika berpakaian

بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

Latin: Bismillahi Allahumma inni as-aluka min khairihii wa khairi maa huwa lahuu wa-a’uudzubika minsyarrihi wasyarrimaa huwalah.

Artinya: "Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya."

Doa ketika memakai pakaian baru

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

Latin: Alhamdulillahilladzii kasaanii hadzaa warazaqanii min ghairi haulin minnii walaa quwwatin.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rizeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku."

Doa Melepas Pakaian

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

Latin: Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa.

Artinya: "Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya."

Doa ketika bercermin

اَلْحَمْدُ ِللهِ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِىْ  فَحَسِّـنْ خُلُقِىْ

Latin: Alhamdulullahi kamaa hassannta fahassin khuluqii.

Artinya: "Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku."

Doa Sebelum Makan

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Latin: Allahumma baarik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaabannaar.

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka."

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Latin: Alhamdulillahilladzii ath’amanaa wasaqaanaa waja’alanaa muslimiina

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam."

Doa Sesudah  Minum

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

Latin: Alhamdulillahilladzii ja’alahuu ‘adzban furaatan birahmatihi walam yaj’alhu milhan ujaajan bidzunuubinaa.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini asin lagi pahit karena dosa-dosa kami."

Doa masuk rumah

اَللّٰهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

Latin: Allahumma innii as-aluka khairalmauliji wakhairalmakhraji bismillahi walajnaa wa bismillahi kharajnaa wa’alallahi rabbanaa tawakkalnaa.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakal."

Doa keluar rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِالله

Latin: Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi laa haula walaa quwwata illaa billah.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah."

Doa sebelum wudhu

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitul wudhuu-a liraf’il hadatsil ashghari fardhllillahi ta’aalaa.

Artinya : "Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil fardu karena Allah ta'ala."

Doa sesudah Wudhu

اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Latin: Asyhadu-allaa ilaaha illallahu wahdahuu laasyariikalah, wa asyhadu-annamuhammadan ‘abduhuu warasuuluh. Allahummaj’alnii minattawwaabiin, waj’alnii minal mutathahhiriin, waj’alnii min ‘ibaadikashshaalihiin.

Artinya:"Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah hambamu ini (termasuk dari) golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah hambamu ini (termasuk golongan) orang-orang yang suci dan jadikanlah kami golongan hamba-hamba Mu yang saleh."

Doa sebelum belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Latin: Radhiitu billahirabba wabil islaamidiinaa wabi muahmmadinnabiyau warasuulaa, rabbi zidnii ‘ilmaa, warzuqnii fahmaa.

Artinya: "Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik."

Doa sesudah belajar

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Latin: Allahumma arinal haqqa haqqaa waryuqnaat tibaa’ahu wa arinal baathila baathila waryuqnaaj tinaabahuu.

Artinya: "Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya."

Doa Masuk Masjid

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Latin: Allahummaftah lii abwaaba rahmatika.

Artinya: "Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu."

Doa Keluar Masjid

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Latin: “Allahumma inni as-aluka min fadhlika.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu."

Doa-doa lain yang bisa anda amalkan sehari-hari

Doa ketika galau

اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ نَاصِيَتِي بِيَدِكَ مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوْ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي وَنُورَ صَدْرِي وَجِلَاءَ حُزْنِي وَذَهَابَ هَمِّي

Latin: Allahumma inni ‘abduka wa ibnu ‘abdika wa ibnu ummatika naashiyati biyadika maadhin fiyya hukmuka ‘adlun fiyya qadhaa-uka, as-aluka bikulli ismin huwa laka sammaitu bihii nafsaka au anzaltahuu fii kitaabika au ‘allamtahuu ahadan min khalqika au ista’tsarta bihii fii ‘ilmilghaibi ‘indaka an taj’alalqur’aana rabii’aqalbii wanuura shadrii wajilaa-a huznii wadzahaaba hammii.

Keutamaan: Barang siapa membaca doa ini dikala sedih, niscaya Allah Swt akan melenyapkan kesedihan atas dirinya dan memelihara kegembiraan atas dirinya.

Doa apabila sedang kesulitan ekonomi

بِسْمِ اللَّهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِينِي، اللَّهُمَّ رَضِّنِي بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِي فِيمَا قُدِّرَ لِي حَتَّى لا أُحِبَّ تَعْجِيلَ مَا أَخَّرْتَ، وَلا تَأْخِيرَ مَا عَجَّلْتَ

Latin: Bismillahi ‘alaa nafsii wamaalii wadiinii, Allahumma radhdhinii biqadhaa-ika, wabaarik lii fiimaa quddiralii hatta laa uhibba ta’jiila maa akhkharta, walaa ta’khira maa ‘ajjalta.

Doa ketika dililit hutang tak terbayar

اللَّهمَّ اكْفِني بحلالِكَ عَن حَرَامِكَ، وَاغْنِني بِفَضلِكَ عَمَّن سِوَاكَ

Latin: Allahummakfinii bijalaalika ‘an haraamika, waghnii bifadhlika ‘amman siwaaka.