Doa ketika Mengalami Kesulitan Arab, Latin dan Terjemahnya

Daftar Isi

http://www.abusyuja.com/2020/06/doa-kesulitan-kesusahan-arab-latin-terjemah.html
Abusyuja.com_Pada kesempatan kali ini, kami ingin membahas mengenai doa ketika mengalami kesulitan, baik kesulitan rezeki, kesulitan pekerjaan atau kesulitan yang lainnya. Kami juga akan menyertakan beberapa dzikir atau wirid yang bisa diamalkan tatkala kesulitan melanda, yang tentunya sesuai sunnah Nabi.

Dari Ibnu Abas ra. yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw. apabila mengalami kesulitan beliau membaca doa ini:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ الْعَظِيمُ الْحَلِيمُ

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ

وَرَبُّ الْأَرْضِ

وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ

Latin: Laa ilaaha illallahul ‘adziimul haliim, laa ilaaha illallahu rabbu; ‘arsyil ‘adziim, laa ilaaha illallahu rabbus samaawaati, wa rabbul ardhi, wa rabbul ‘arsyhil kariim.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Agung lagi Maha Penyantun, Tidak ada Tuhan selain Allah, Rabb ‘Arasy yang Agung. Tidak ada Tuhan selain Allah, Rabb langit dan Rabb bumi, Rabb ‘Arsy yang mulia.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Di dalam riwayat Imam Muslim disebutkan bahwa Nabi Saw. apabila menghadapi kesulitan, beliau mengucapkan doa di bawah ini. Selain itu, beliau juga membaca doa tersebut apabila menghadapi perkara penting:

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ

Latin: Yaa hayyu yaa qayyuum birahmatika astaghiits.

Artinya: “Wahai Yang Maha Abadi, Wahai Yang Mengurus makhluk-makhluk-Nya secara terus-menerus, aku memohon pertolongan dengan rahmat-Mu.” (HR. Muslim. Imam Hakim mengatakan hadis ini sanadnya shahih)

Dzikir ketika dalam kesulitan

Dari sahabat Abu Hurairah ra., beliau menceritakan bahwa Rasulullah Saw. ketika dalam kesulitan dan ketika dalam kesusahan, beliau mengangkat kepalanya ke langit sembari membaca ini:

سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

Latin: Subhaanallahil ‘adziim.

Artinya: “ Maha suci Allah yang Maha Agung.” (HR. Turmudzi)

Dari Asma binti Umais ra., beliau bercerita bahwa Nabi Saw. pernah berkata kepadanya tentang beberapa kalimat yang bisa diucapkan dikala kesusahan melanda. Berikut doanya:

اللهُ ، اللهُ ربِّي لا أُشرِكُ به شيئًا

Latin: Allahu, Allahu rabbi laa usyriku bihii syai-an.

Artinya: “Allah, Allah adalah Rabbku, aku tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun.” (HR. Abu Daud)

Doa yang paling sering di ucapkan Rasulullah ketika menghadapi kesulitan

Dari Anas ra., beliau menceritakan bahwa doa yang paling banyak di ucapkan oleh Nabi Saw. ketika menghadapi kesulitan adalah sebagai berikut:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً

 وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً

 وَقِنَا عَذَابَ النَّار

Latin: Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaabannaar.

Artinya: “ Ya Tuhan Kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Imam Muslim dalam redaksinya menambahkan, “Sahabat Anas ra. apabila hendak berdoa selalu mengucapkan doa ini, dan dalam doa lainnya ia selalu menyertakan doa ini.”

Doa-doa lain ketika menghadapi kesulitan dan kesusahan

Dari Abu Bakrah ra., beliua menceritakan bahwa Rasulullah Saw. pernah mengajarkan doa ini dikala menghadapi kesulitan atau kesusahan:

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ

وَأَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

Latin: Allahumma rahmataka arjuu falaa takilnii ilaa nafsii tharfata ‘ainin wa-ashlih lii sya’nii kullah, laa ilaaha illa anta.

Artinya: “Ya Allah, aku mengharapkan rahmat-Mu, maka  janganlah engkau serahkan aku kepada diriku barang sekejap mata pun, dan perbaikilah keadaanku seluruhnya, tidak ada Tuhan selain Engkau.” (HR. Daud)

Doa Nabi Yunus As. ketika berada di dalam perut ikan

Doa Dzun Nun ketika berdoa kepada Rabbnya, sedangkan beliau sedang berada di dalam perut ikan besar:

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

 سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Latin: Laa ilaaha illa anta, subhaanaka inni kunntu minadz dzaalimiin.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang teraniaya.” (HR. Tirmidzi)

Itulah kumpulan doa apabila kita mengalami kesulitan atau kesusahan lengkap dengan arab latin, dan terjemahnya. Jika dirasa keberatan karena terlalu banyak, anda tidak perlu mengamalkan semuanya, cukup amalkan sesuai kemampuan kita saja. semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam