Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa untuk Kedua Orang Tua yang Telah Meninggal: Arab, Latin dan Terjemah

https://www.abusyuja.com/2020/10/doa-untuk-kedua-orang-tua-yang-telah-meninggal-arab-latin-terjemah.html
Seorang anak dituntut untuk terus berbakti kepada kedua orang tuanya meskipun mereka telah tiada sekalipun. Lalu bagaimana cara berbakti kepada orang tua ketika mereka telah dipanggil oleh Allah? Caranya adalah dengan menghadiahkan mereka doa atau permohonan ampunan kepada Allah untuk kedua orang tuanya yang telah meninggal. Sebagaimana apa yang telah dipaparkan oleh Syekh M Nawawi Banten berikut ini: 

 هَدَايَا الْأَحْيَاءِ لِلْأَمْوَاتِ الدُّعَاءُ وَالْإِسْتِغْفَارُ 

Artinya, “Hadiah orang yang masih hidup kepada orang yang tekah meninggal adalah doa dan permohonan ampun kepada Allah.”(Lihat Syekh Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Fikr: tt], halaman 281)

Sebagaimana judul di atas, kami akan membagikan lafadz-lafadz doa yang bisa dipanjatkan untuk mendoakan kedua orang tunya lengkpa dengan tulisan arab, latin dan terjemahnya. Adapun bacaan atau lafadz untuk mendoakan kedua orang tua yang sudah meninggal adalah sebagai berikut:

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا 

Latin, “Rabbigh firlii wa liwaa lidayya warhamhumaa kamaa rabbayaa nii shaghiiraa.”

Artinya, "Wahai Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil." 

Dan berikut adalah doa memohon ampun kepada Allah untuk umat Islam secara umum dan khusus kepada kedua orang tua, guru, serta mereka-mereka yang berjasa. Doa ini juga untuk memohon ampun atas mereka yang masih memiliki tanggungan tetapi belum sempat diselesaikan, serta orang-orang yang memiliki hak tertentu atas diri kita yang belum sempat terselesaikan. Berikut doanya:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الْاَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا، خُصُوْصًا إِلَى آبَاءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِأَصْحَابِ الحُقُوْقِ عَلَيْنَا 

Latin, “Allahummagh fir lilmuslimiina wal muslimaati wal mu’miniina wal mu’minaati al-ahyaa-i minhum wal amwaati mim masyaariqil ardhi ilaa maghaari bihaa barri haa wa bahrihaa, khushuusan ilaa aabaa-inaa wa ummahaa tinaa wa ajdaa dinaa wajaddaa tinaa wa mu’allimiinaa wa liman ahsana ilainaa wa li-ash-haabil huquuqi ‘alainaa.”

Artinya, “Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, baik yang masih hidup, maupun yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami.

Dan berikut adalah doa yang dibaca sebagai permohonan rahmat, ampunan, dan syafaat bagi mereka yang bersyahadat secara umum:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ وَعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُمْ. اللَّهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَ وَالشَّفَاعَةَ عَلَى أَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنْ أَهْلِ لَاالَهَ اِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللهِ. 

Latin, “Allahummagh fir lahum warhamhum wa ‘aafihim wa’fu’anhum. Allahumma anzilir rahmata wal maghfirata wasy syafaa’ata ‘alaa ahlil qubuuri min ahli laa ilaaha illaallah muhammadur rasuulullah.”

Artinya, “Ya Allah, berikanlah ampunan, kasih sayang, afiat, dan maaf untuk mereka. Ya Allah, turunkanlah rahmat, ampunan, syafa’at bagi ahli kubur penganut dua kalimat syahadat.” 

Dan berikut adalah doa untuk kedua orang yang yang telah meninggal. Sangat dianjurkan ditutup dengan doa sapu jaga, shalawat Nabi, dan terakhir pembacaan suratul fatihah. Berikut doanya:

 رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، سًبْحَانَ رَبَّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ علَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ. اَلْفَاتِحَةْ … 

Latin, “Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah, wa fil-aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaaban naar, subhaana rabbil ‘izzati ‘ammaa yashifuun, wa salaamun ‘alal mursaliina, wa shallallahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihii washahbihii wa sallim, walhamdulillahi rabbil ‘aalamiin. Al-Faatihah...(kemudian baca surat Al-Fatihah).”

Artinya, “Wahai Tuhanku, berikanlah kami kebaikan di dunia maupun akhirat. Lindungilah kami dari siksa nar (api) neraka. Maha suci Tuhanmu, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para Rasul. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.” (Kemudian disambung dengan Surat Al-Fatihah)

Demikianlah lafadz doa untuk kedua orang tua yang telah meninggal lengkap dengan tulisan arab, latin dan terjemahnya. Semoga bermanfaat. Wallahu A'lam