Dahsyat! Inilah Manfaat Wirid Al-Latif Apabila Dibaca Rutin

Dahsyat! Inilah Manfaat Wirid Al-Latif Apabila Dibaca Rutin
Pada kesempatan kali ini, kami ingin menjelaskan mengenai manfaat wirid atau dzikir Al-Latif apabila dibaca secara rutin dan istiqomah. Sebenarnya, banyak sekali jenis wirid-wirid yang bisa kita amalkan, baik yang bersifat umum maupun khusus.

Maksud wirid umum adalah wirid yang tidak terikat dengan apapun, bisa diamalkan kapan pun dan di mana pun. Sedangkan wirid khusus adalah wirid yang terikat dengan syarat-syarat tertentu. Misal, wirid yang dikhususkan hanya pada hari Jumat saja, wirid yang dikhususkan di baca setelah shalat subuh, magrib, dan lain sebagainya. Adapun wirid Al-Latif sendiri termasuk dalam jenis umum, bisa dibaca kapan pun dan di mana pun.

Wirid Al-Latif sendiri tidak memiliki ketentuan khusus. Dan tidak pula harus dibaca dengan jumlah yang banyak. Adapun syaratnya hanyalah satu, yaitu dibaca secara terus-menerus dan istiqomah. Sebab, “Istiqomah itu lebih baik dari seribu Karamah”. Maka, kuncinya adalah melatih diri untuk terus istiqomah dalam membaca wirid.

Kata “Al-Latif” sendiri diambil dari salah satu lafadz Asmaul Husna, yaitu Asma-Asma Allah yang jumlahnya ada 99. Asmaul Husna bisa dijadikan sebagai wirid. Barangsiapa yang bisa menghafal Asmaul Husna dan menjadikannya sebagai wirid secara istiqamah, niscaya haram baginya masuk neraka. Sebagaimana hadis berikut:

إِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمًا ، مِائَةً إِلا وَاحِدَةً ، مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ

Sesungguhnya Allah memiliki 99 Asma (nama), seratus kurang satu, barangsiapa yang menjaganya, niscaya ia akan masuk surga.” (HR. Bukhari, no.2736, Muslim, no.2677 dan Ahmad, no.7493).

Tapi, bagi mereka yang belum mampu menghafal 99 Asmaul Husna Allah, maka cukuplah baginya membaca asma Allah “Al-Latif” yang juga merupakan bagian dari Asmaul Husna.

Adapun keistimewaan dan khasiat dari wirid Al-Latif adalah sebagai berikut:

Dalam kitab Ta’rifudz Dzuryyiah Al-Habasyiyyah karya Al-Habib Attas Al-Habsyi disebutkan bahwa salah satu manfaat dari wirid Al-Latif adalah menghilangkan segala kesulitan dalam hidup.

Barangsiapa yang ingin terbebas dari kesulitan-kesulitan hidup dan terbebas dari malapetaka, maka bacalah asma Allah berupa lafadz “Al-Latif” sebanyak 16.641 kali.

Sudah banyak kaum Muslimin yang merasakan manfaatnya, banyak pula beberapa kalalah Shalihin yang meyakini kecepatan pengaruhnya. Adapun yang paling dahsyat lagi adalah dengan menambahkan bacaan surat Yasin sebanyak 41 kali.

Wirid Al-Latif sendiri memang telah diakui oleh banyak ulama. Selain untuk menghilangkan kesulitan dan malapetaka, wirid ini juga sangat dianjurkan ketika seseorang sedang dalam kondisi sulit atau banyak bencana. Insya Allah, atas Izin Allah, niscaya semua kesulitan dan beban hidup akan diangkat oleh-Nya. Aamiin

Apabila 16.641 kali terlalu banyak, maka janganlah terbebani dengan angka yang sifatnya belum tentu bisa mengikat syarat. Bacalah wirid ini semampunya saja, dan yang terpenting adalah dibaca istiqamah. Insya Allah kebaikan demi kebaikan akan mendekat.

Selain itu, barangsiapa yang membacanya sebanyak 129 kali, Insya Allah usaha atau perniagaannya akan dimajukan oleh Allah Swt. Apabila dibaca sebanyak 133 kali, Insya Allah akan memberikan rezeki cukup, serta pekerjaannya akan dipermudah. Apabila dibaca sebanyak 100 kali setelah mendirikan salat sunah, Insya Allah hajat-hajatnya akan dikabulkan.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat dan khasiat wirid Al-Latif apabila dibaca secara istiqamah. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel