Surat Ath-Thur: Pokok Kandungan, Keutamaan Serta Manfaatnya

https://www.abusyuja.com/2021/01/surat-ath-thur-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html
Ath-Thur sendiri arttinya adalag “bukit”. Surat ini terdiri atas 49 ayat dan termasuk dalam golongan surat makkiyyah dan diturunkan sesudah Surat As-Sajadah. Ia dinamakan Surat Ath-Thur karena merujuk pada lafaz ath-thur yang terdapat pada ayat pertama.

Adapun yang dimaksud dengan bukit dalam surat ini adalah bukit Thursina, yang terletak di semenanjung Sinai, yakni tempat Nabi Musa as. menerima wahyu dari Allah.

Sesuai judul di atas, kami ingin mengulas sedikit mengenai kedahsyatan dari Surat Ath-Thur. Di bawah nanti akan kami sertakan beberapa khasiat dari Surat Ath-Thur, di antaranya yaitu memperoleh kenikmatan, diselamatkan dari gigitan kalajengking, bahkan sampai dimudahkan ketika seseorang sedang dipenjara. Simak selengkapnya:

Pokok Kandungan Surat Ath-Thur

Adapun pokok kandungan dar Surat Ath-Thur adalah sebagai berikut:

  1. Menceritakan keadaan orang-orang kafir di dalam neraka;
  2. Menceritakan keadaan orang-orang mukmin di surga;
  3. Menjelaskan bukti-bukti ke-Esa-an Allah;
  4. Menegaskan bahwa setiap perbuatan manusia kelak akan dipertanggungjawabkan;
  5. Menjelaskan tentang kewajiban tetap melakukan dakwah dan ajaran untuk berzikir, dan bertasbih di siang dan malam;
  6. Menceritakan bahwa orang-orang zalim pasti akan mendapatkan siksa di dunia dan akhirat;
  7. Menjelaskan bahwa Allah akan selalu menjaga dan melindungi Nabi Muhammad Saw.

Keutamaan dan Manfaat Surat Ath-Thur

Adapaun khasiat dan fadhilah dari Surat Ath-Thur adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau diberi keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi yang lain.

Kedua, wasilah memperoleh kebaikan di dunia dan di akhirat.

Rasulullah Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca Surat Ath-Thur, maka Allah akan mengumpulkan untuknya kebaikan di dunia dan di akhirat.” (Tsawabul A’mal: 145)

Ketiga, wasilah memperoleh keamanan dari azab Allah, memperoleh kenikmatan di surga dan kemudahan melepaskan diri dari penjara.

Nabi Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Ath-Thur), maka hak bagi Allah memberinya keamanan dari azab-Nya, memberinya kenikmatan di surga-Nya. Dan barangsiapa yang membacanya secara terus-menerus, maka jika ia ditahan, dirantai dan dipenjara, maka Allah akan memudahkannya untuk melepaskan diri, meski ia melakukan tindakan kejahatan.” (Tafsirul Burhan, Juz 7: 328)

Keempat, surat ini juga baik dijadikan doa ketika sedang dalam perjalanan agar terhindar dari segala sesuatu yang tidak diinginkan (keburukan), serta mengobati luka bekas gigitan kalajengking. Insya Allah, dengan izin Allah.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surat Ath-Thur. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel