Surat An-Najm: Pokok Kandungan, Keutamaan Serta Manfaatnya

https://www.abusyuja.com/2021/01/surat-najm-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html
Surat An-Najm artinya "bintang". Surat ini terdiri atas 62 ayat, termasuk dalam golongan surat Makkiyyah, dan diturunkan sesudah Surat Al-Ikhlas. Ia dinamakan An-Najm, diambil dari pada lafaz an-najm yang terdapat pada ayat pertama.

Dalam surat ini, Allah bersumpah dengan an-njm, karena bintang-bitang mucul dan tenggelam memang memiliki manfaat yang besar terhadap umat manusia. Di antaranya yaitu sebagai pedoman manusia dalam melakukan pelayaran di lautan, untuk menentukan peredaran, dan lainnya.

Pokok Kandungan Surat An-Najm

Adapun pokok kandungan dari Surat An-Najm adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan bahwa Al-Qur'an adalah wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. melalui perantara Malaikat Jibril;
  2. Tidak ada seorang pun dapat memberi syafaat (pertolongan), kecuali dengan izin Allah;
  3. Kewajiban menjauhi segala dosa-dosa besar;
  4. Kewajiban bersujud dan menyembah Allah;
  5. Malaikat melihat Malaikat Jibril dalam bentuk aslinya sebanyak dua kali, yakni ketika menerima wahyu dari Allah, dan kedua ketika di sidratul mutaha;
  6. Menceritakan orang-orang musyrik yang menghina Al-Qur'an.

Fadhilah dan Khasiat Surat An-Najm

Adapun manfaat dan keutamaan dari Surat An-Najm adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau diberi keutamaan dibanding nabi-nabi yang lain.

Kedua, wasilah memperoleh kebaikan, kehormatan, dan kecintaan masyarakat.

Rasulullah Saw. pernah bersabda, "Barangsiapa yang membaca Surat An-Najm terus menerus di setiap hari, atau di malam harinya, maka ia akan hidup terpuji di masyarakat, memperoleh ampunan dan dicintai masyarakat." (Tsawabul- A'mal: 145)

Ketiga, memperoleh sepuluh kebaikan sejumlah orang-orang yang beriman kepada Nabi Muhammad Saw.

Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda, "Barangsiapa yang membaca Surat ini (Surat An-Najm), maka Allah akan memberikan sepuluh kebaikan sejumlah orang-orang yang beriman kepadaku. Dan barangsiapa yang menulisnya pada kulit macan tutul, mengalungkannya, maka hatinya menjadi kuat atas penguasa yang datang padanya." (Tafsirul Burhan, Juz 7: 337)

Dalam riwayat lain, ia boleh menjadi wasilah kekuatan dari godaan setan yang mendatanginya, dapat menguasai seseorang yang menentangnya dan tangannya menjadi kuat dengan izin Allah.

Empat, dapat dijadikan doa atau wasilah agar disembuhkan dengan rasa khawatir. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat An-Najm ayat 1-18 secara istiqamah.

Kelima, doa terhindar dari bala. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat An-Najm ayat 57-56 secara istiqamah.

Demikianlah pembahasan mengenai pokok kandungan, keutamaan, serta manfaat dari Surat An-Najm. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel