Surat At-Taghabun: Pokok Kandungan, Keutamaan Serta Manfaatnya

https://www.abusyuja.com/2021/02/surat-at-taghabun-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html
At-Taghabun artinya adalah “hari ditampakkannya kesalahan-kesalahan”. Surat ini terdiri atas 18 ayat, termasuk dalam golongan surat Madaniyyah, dan diturunkan setelah Surat At-Tahrim. Ia diberi nama Surat At-Taghabun, karena merujuk pada lafaz at-taghabun yang terdapat pada ayat 9.

Pokok Kandungan Surat At-Taghabun

Adapun pokok kandungan dari Surat At-Taghabun adalah sebagai berikut:

  1. Menegaskan bahwa seluruh isi alam semuanya bertasbih kepada Allah;
  2. Penjelasan tentang kekuasaan Allah dan keluasan ilmu-Nya;
  3. Penegasan bahwa apa pun yang terjadi di alam semesta ini adalah atas izin Allah;
  4. Peringatan kepada orang-orang kafir tentang nasib orang-orang dahulu yang mengingkari rasul-rasul mereka;
  5. Menjelaskan bahwa harta dan anak-anak adalah ujian bagi manusia;
  6. Perintah tentang taat dan patuh kepada Allah dan Rasul-Nya;
  7. Perintah supaya bertakwa dan menafkahkan hartanya.

Keutamaan dan Manfaat Surat At-Taghabun

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat At-Taghabun adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keistimewaan dan keutamaan dibanding nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, surat ini dapat menjadi penolong di hari kiamat, saksi yang adil dan teman bagi pembacanya.

Abu Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca Surat At-Taghabun di salat fardunya, maka surat ini dapat menjadi penolong baginya di hari kiamat, menjadi saksi yang adil ketika dimintai kesaksian, lalu ia tidak akan meninggalkan pembacanya hingga masuk surga.(Tsawabul A’mal: 148)

Ketiga, pembacanya tidak akan mati secara tiba-tiba, dan sebagai penolong dari penguasa zalim.

Rasulullah Saw., telah bersabda, “Barangsiapa yang membacanya, maka Allah akan menghindarkannya dari mati secara tiba-tiba, dan barangsiapa yang membacanya, ia menghadap penguasa yang zalim, maka Allah akan menghalangi keburukan penguasa itu darinya dan tidak akan sampai kepadanya.(Tafsirul Burhan, Juz 8: 23)

Keempat, dapat dijadikan wasilah atau doa ketika sedang menghadapi kezaliman. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat At-Taghabun ayat 1-4 secara istiqamah.

يُسَبِّحُ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأرْضِ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ 

 هُوَ الَّذِي خَلَقَكُمْ فَمِنْكُمْ كَافِرٌ وَمِنْكُمْ مُؤْمِنٌ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ 

 خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ بِالْحَقِّ وَصَوَّرَكُمْ فَأَحْسَنَ صُوَرَكُمْ وَإِلَيْهِ الْمَصِيرُ 

 يَعْلَمُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَيَعْلَمُ مَا تُسِرُّونَ وَمَا تُعْلِنُونَ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ 

Bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi; hanya Allah-lah yang mempunyai semua kerajaan dan semua pujian, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Dialah yang menciptakan kamu maka di antara kamu ada yang kafir dan di antara kamu ada yang mukmin. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. Dia menciptakan langit dan bumi dengan baik. Dia membentuk rupamu dan dibaguskan-Nya rupamu itu dan hanya kepada Allah-lah kembali(mu). Dia mengetahui apa yang ada di langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan yang kamu nyatakan. Dan Allah Maha Mengetahui segala isi hati. (QS. At-Taghabun: 1-4)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan dan khasiat dari Surat At-Taghabun. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel