Surat Al-'Alaq: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Al-'Alaq: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
Al-‘Alaq sendiri artinya adalah “segumpal darah”. Surat yang terdiri atas 19 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah. Ayat 1 sampai 5 dari surat ini adalah ayat-ayat yang pertama kali diturunkan, yaitu di waktu Nabi Muhammad berkhalwat di gua Hira. Ia diberi nama Surat Al-'Alaq karena merujuk pada lafaz al-‘alaq yang terdapat pada ayat kedua. Selain nama Surat Al-'Alaq, ia juga dinamai dengan Surat Al-Qalam.

Pokok Kandungan Surat Al-'Alaq

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-'Alaq adalah sebagai berikut:

  1. Perintah membaca Al-Qur’an;
  2. Menjelaskan bahwa manusia dijadikan dari segumpal darah ;
  3. Allah menjadikan kalam sebagai alat mengembangkan pengetahuan;
  4. Manusia bertindak di luar batas karena merasa dirinya cukup;
  5. Ancaman terhadap orang-orang kafir yang menghalang-halangi kaum Muslim melaksanakan perintah-Nya.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-'Alaq

Pertama, Surat Al-'Alaq adalah bagian dari Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi sebelumnya.

Kedua, memperoleh pahala seperti orang yang syahid di jalan Allah bersama Rasulullah Saw.

Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca Surat Al-'Alaq, di harinya, atau di malamnya, lalu ia meninggal pada hari itu, maka ia mati syahid, Allah membangkitkannya sebagai syahid, dan menghidupkannya sebagai syahid pula. Ia ibarat orang yang mengayukan pedangnya (berperang) di jalan Allah bersama Rasulullah Saw.(Tswabul A’mal: 153)

Ketiga, dicatat pahala membaca Al-Mufashshal, berjuang di jalan Allah, dan dapat dijadikan doa agar selamat saat menaiki kapal.

Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-'Alaq), maka Allah mencatatnya pahala seperti pahala orang yang membaca surat-surat Al-Mufaashshal, ia juga memperoleh pahala seperti pahala orang-orang yang mengayunkan pedangnya di jalan Allah. Dan barangsiapa yang membacanya, sedangkan ia menaiki kapal, maka Allah akan memberinya keselamatan dari tenggelam.” (Tafsirul Buruhan, Juz 8: 322)

Keempat, dapat dijadikan doa atau wasilah agar tempat penyimpanan tidak dicuri.

Rasulullah Saw. telah bersabda, “Barangsiapa yang membaca atas pintu tempat penyimpanan, maka Allah menyelamatkannya dari segala bahaya dan pencuri sampai pemiliknya mengeluarkan apa yang ada di dalamnya.” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 322)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan dan manfaat dari Surat Al-'Alaq. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel