Surat Al-'Ashr: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Al-'Ashr: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
Al-‘Ashr sendiri artinya adalah “masa”. Surat yang terdiri atas tiga ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Asy-Syarh. Ia diberi nama Surat Al-'Ashr karena merujuk pada lafaz al-‘ashr yang terdapat pada ayat pertama.

Pokok Kandungan Surat Al-'Ashr

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-'Ashr adalah semua manusia akan dalam keadaan merugi apabila ia tidak mengisi hidupnya dengan perbuatan-perbuatan yang baik.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-'Ashr

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-'Ashr adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat Al-'Ashr termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, orang yang membacanya kelak akan dibangkitkan di hari kiamat dengan wajah bercahaya, tertawa dan bergembira hingga masuk surga.

Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca Surat Al-'Ashr di dalam salat sunahnya, maka Allah akan membangkitkannya di hari kiamat dengan wajah bercahaya, tertawa, dan berbahagia hingga ia masuk surga.” (Tsawabul A’mal: 155)

Ketiga, diriwayat dari Nabi bahwa baginda telah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini, maka Allah mencatatnya sepuluh kebaikan, mengakhiri hidup dengan keadaan baik (khusnul khatimah), termasuk dalam orang-orang yang melakukan kebenaran. Dan jika dibacakan di atas harta yang dikuburkan di bawah tanah, atau disimpan, maka Allah akan menjaganya hingga pemiliknya mengeluarkannya.(Tafsirul  Burhan, Juz 8: 379)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan dan manfaat dari Surat Al-'Ashr. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel