Surat Al-Balad: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Al-Balad: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
Al-Balad sendiri artinya adalah “negeri”. Surat yang terdiri atas 20 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah surat Qaf. Ia diberi nama Surat Al-Balad karena merujuk pada lafaz al-balad yang terdapat pada ayat pertama dari surat ini.

Pokok Kandungan Surat Al-Balad

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Balad adalah sebagai berikut:

  1. Manusia diciptakan Allah untuk berjuang menghadapi kesulitan;
  2. Janganlah manusia terperdaya dengan kekuasaan dan harta benda yang banyak yang telah dibelanjakan;
  3. Peringatan Allah kepada manusia atas beberapa nikmat yang telah diberikan oleh-Nya, dan Allah juga telah menyampaikan jalan yang dapat membawanya menuju kebahagiaan, atau kesengsaraan.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Balad

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-Balad adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat Al-Balad adalah termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, pembacanya dikenal termasuk orang saleh di dunia, dan memperoleh tempat dari Allah di akhirat, dan menjadi teman para nabi, para syuhada, dan orang-orang saleh.

Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membacanya (Surat Al-Balad) di dalam salat fardu, maka ia di dunia dikenal termasuk orang-orang saleh, di akhirat dikenal sebagai orang yang memperoleh tempat di sisi Allah, dan di hari kiamat ia bersama para nabi, para syuhada, dan orang-orang saleh.(Tsawabul A’mal: 152)

Ketiga, pembacanya aman dari murka Allah dan segala rintangan di hari kiamat.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini, maka Allah akan memberinya keamanan dari neraka-Nya di hari kiamat, dan menyelamatkannya dari segala halangan. Dan barangsiapa yang menulisnya dan mengalungkannya kepada anak kecil, atau yang dilahirkan, maka ia akan aman dari segala yang membahayakan anak-anak. (Tafsirul Burhan, Juz 8: 286)

Keempat, wasilah doa memperoleh kemuliaan dan kemasyhuran. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Al-Balad ayat 1-10 secara istiqamah.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surat Al-Balad. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel