Surat Al-Bayyinah: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Al-Bayyinah: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
Al-Bayyinah artinya adalah “bukti yang nyata”. Surat yang terdiri atas 8 ayat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyyah dan diturunkan setelah surat Ath-Thalaq. Ia diberi nama Surat Al-Bayyinah karena merujuk pada lafaz al-bayyinah yang terdapat pada ayat pertama.

Abi Darda’ mengatakan bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Seandainya orang-orang tahu apa yang ada pada lam yakun, niscaya mereka akan menelantarkan keluarga dan hartanya, lalu mempelajarinya.”

Apa yang ada padanya wahai Rasulullah?” Tanya seorang laki-laki dari Bani Khuza’ah.

Kemudian Rasulullah menjawab, “Orang munafik dan orang yang di dalam hatinya terdapat keraguan kepada Allah tidak dapat membacanya selamanya. Demi Allah, sesungguhnya Malaikat Muqarrabin membacanya sejak langit dan bumi diciptakan dan tidak henti-henti membacanya. Tiada seorang hamba yang membacanya di malam hari, kecuali Allah mengutus malaikat yang akan menjaga malam hari, kecuali Allah mengutus malaikat yang akan menjaga agama dan dunianya, serta memohon ampunan dan rahmat untuknya. Lalu jika ia membacanya di siang hari, maka ia diberi pahala seperti matahari yang menyinar di siang hari dan yang menjadikan malam gelap.

Lalu, seorang lelaki dari Bani Qais Ghilan berkata, “Tambah lagi, wahai Rasulullah, bapak dan ibuku menjadi tebusan untukmu.

Maka, baginda Saw. bersabda, “Pelajarilah ‘amma yatasa’alun, pelajarilah qaf, pelajarilah was-sama’o wath-thariq, karena sesungguhnya apabila kalian mengetahui apa yang ada padanya, niscaya kalian akan menelantarkan apa yang kalian miliki dan mempelajarinya dan mendekatkan kepada Allah dengannya. Dan sesungguhnya, karenanya Allah mengampuni semua dosa, kecuali dosa syirik kepada Allah”. (Mustadrak Al-Wasa’il, Juz 1: 311)

Pokok Kandungan Surat Al-Bayyinah

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Bayyinah adalah:

Pernyataan dari ahli kitab dan orang-orang musyrik bahwa mereka akan tetap dalam agamanya masing-masing sampai datang Nabi Muhammad Saw. yang telah dijanjikan Allah. namun setelah Nabi Muhammad Saw. datang, mereka terpecah-belah, ada yang beriman dan ada yang tidak, sedangkan Nabi Muhammad yang datang itu memiliki sifat-sifat yang sesuai dengan kitab mereka dan membawa ajaran yang benar.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Bayyinah

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-Bayyinah adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat Al-Bayyinah adalah termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, terbebas dari orang-orang musyrik, masuk di dalam agama Muhammad, dan dibangkitkan Allah sebagai orang beriman dan dihisab dengan mudah.

Abi Ja’far berkata, “Barangsiapa yang membaca surat Surat Al-Bayyinah, maka ia terbebas dari orang-orang musyrik, masuk ke dalam agama Muhammad, Allah membangkitkannya sebagai seorang mukmin dan menghisabnya dengan hisab yang mudah.(Tsawabul A’mal: 154)

Ketiga, bersama Sayidina Ali di hari kiamat sebagai teman dan sahabat dan obat sakit perot mulut.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini, maka di hari kiamat ia akan bersama sebaik-baiknya manusia sebagai teman dan sahabat, yaitu (Sayidina) Ali. Dan jika dibaca di dalam wadah baru dana seorang yang memiliki penyakit laqwah (penyakit perot mulut) melihat dengan matanya, maka ia dapat sembuh darinya.(Tafsirul Burhan, Juz 8: 345)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan dan manfaat dari Surat Al-Bayyinah. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel