Surat Al-Fil: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Al-Fil: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
Al-Fil sendiri artinya adalah “gajah”. Surat yang terdiri atas 5 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al-Kafirun. Ia diberi nama Surat Al-Fil karena merujuk pada lafaz al-fil yang terdapat pada ayat pertama dari surat ini.

Surat Al-Fil menceritakan tentang pasukan gajah dari Yaman di bawah pimpinan Abrahah yang ingin meruntuhkan Ka’bah di Makkah. Peristiwa ini terjadi pada tahun di mana Baginda Nabi Muhammad Saw. dilahirkan.

Pokok Kandungan Surat Al-Fil

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Fil adalah cerita tentang pasukan yang menaiki gajah yang diazab oleh Allah dengan mengirimkan sejenis burung yang menyerang mereka hingga binasa.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Fil

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-Fil adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat Al-Fil termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, orang yang membacanya akan dibangkitkan di hari kiamat di atas kendaraan surga dan didudukkan di atas tempat duduk dari cahaya.

Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang bacaan paling banyaknya adalah Surat Al-Fil, maka Allah akan membangkitkannya di hari kiamat di atas kendaraan dari kendaraan surga, hingga ia duduk di atas tempat duduknya dari cahaya di hari kiamat. (Tsawabul A’mal: 165)

Ketiga, memperoleh pahala seperti orang yang tawaf di Ka’bah dan itikaf di Masjidil-Haram.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Fil), maka Allah memberikan karunia pahala seperti orang yang mengelilingi Ka’bah (tawaf) dan itikaf di Masjidil-Haram. Dan jika dibacakan di atas makanan yang ditakuti, maka ia dapat menjadi obat di dalamnya, sedangkan orang yang memakannya tidak akan tersakati selamanya.” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 392)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan dan manfaat dari Surat Al-Fil. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel