Surat Al-Humazah: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Al-Humazah: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
Al-Humazah sendiri artinya adalah “pengumpat”. Surat yang terdiri atas 9 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al-Qamariyah. Ia diberi nama Surat Al-Humazah karena merujuk pada lafaz al-humazah yang terdapat pada ayat pertama.

Pokok Kandungan Surat Al-Humazah

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Humazah adalah ancaman Allah terhadap orang-orang yang mencela orang lain, suka mengumpat, dan suka mengumpulkan harta, namun tidak dinafkahkan di jalan Allah.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Humazah

Adapun keutamaan dan manfaat dari Surat Al-Humazah adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat Al-Humazah adalah termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, dijauhkan dari kefakiran, didatangkan rezeki dan dihindarkan dari kematian yang buruk.

Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca Surat Al-Humazah di dalam salat wajibnya, maka Allah menjauhkan kefakiran darinya, mendatangkan rezeki kepadanya, dan menghindarkannya dari kematian yang buruk (su’ul khatimah). (Tsawabul A’mal: 155)

Tiga, memperoleh pahala sebanyak orang yang mengolok-olok Nabi Muhammad Saw. dan para sahabatnya.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Humazah), maka ia akan memperoleh pahala sejumlah orang yang mengolok-olok Nabi Muhammad Saw. dan para sahabatnya. Dan jika dibacakan atas (sakit) mata, maka ia dapat bermanfaat baginya." (Tafsirul Burhan, Juz 8: 382)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan dan manfaat dari Surat Al-Humazah. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel