Surat Al-Jinn: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Al-Jinn: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
Al-Jinn sendiri artinya adalah "jin". Surat yang terdiri atas 28 ayat, termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah, dan diturunkan setelah Surat Al-A'raf. Ia diberi nama Surat Al-Jinn, karena merujuk pada lafaz al-jinn yang terdapat pada ayat pertama. Pada ayat tersebut dan ayat-ayat berikutnya menjelaskan bahwa bangsa jin telah mendengar pembacaan Al-Qur'an dan mengikuti ajaran tersebut.

Pokok Kandungan Surat Al-Jinn

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Jinn adalah sebagai berikut:

  1. Pengetahuan tentang bangsa jin yang dimiliki oleh Nabi Muhammad Saw. yang diperoleh dari jalan wahyu;
  2. Pernyataan iman oleh sebagian golongan dari bangsa jin;
  3. Menjelaskan bahwa sebagian bangsa jin memiliki iman, tetapi ada juga golongan jin yang kafir atau ingkar terhadap Allah Swt.;
  4. Menjelaskan tentang janji Allah kepada umat manusia dan bangsa jin untuk melimpahkan rezeki, apabila mereka mengikuti jalan yang lurus;
  5. Menjelaskan tentang janji Allah terhadap Nabi Muhammad Saw. dan wahyu yang dibawanya.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Jinn

Adapun keutamaan dan manfaat dari Surat Al-Jinn adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat Al-Jinn adalah termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, orang yang membacanya akan memperoleh pahala memerdekakan budak sejumlah bangsa jin dan setan.

Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Jinn), maka ia memperoleh pahala memerdekakan budak sejumlah jin dan setan yang beriman kepadaku, dan juga mendustakannya. Dan ia juga aman dari (gangguan) bangsa jin." (Tafsirul Burhan, Juz 8: 135)

Ketiga, ketika surat ini dibaca, maka jin akan menjauh dan melarikan dirinya. Pembacanya juga akan memperoleh keamanan dari penguasa yang zalim.

"Ketika ia (Surat Al-Jinn) dibaca, bangsa jin melarikan diri dari tempat itu. Barangsiapa yang membacanya, sedangkan ia mendatangi penguasa yang zalim, niscaya ia akan aman darinya. Barangsiapa yang membacanya, sedangkan ia terbelenggu, maka Allah akan memudahkannya bebas. Dan barangsiapa yang membacanya dengan istiqamah, sedangkan ia dalam keadaan sulit, maka Allah akan membukakan pintu kemudahan untuknya, dengan izin Allah." (Tafsirul Burhan, Juz 8: 135)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan dan manfaat dari Surat Al-Jinn. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel