Surat Al-Mulk: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatanya

Surat Al-Mulk: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatanya
Al-Mulk sendiri artinya adalah “kerajaan”. Surat yang terdiri atas 30 ayat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyyah dan diturunkan setelah surat At-Thur. Ia diberi nama Surat Al-Mulk, karena merujuk pada lafaz al-mulk yang terdapat pada ayat pertama. Selain Surat Al-Mulk, ia juga dinamakan dengan Surat At-Tabarak, yang artinya “Mahasuci”.

Pokok Kandungan Surat Al-Mulk

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Mulk adalah sebagai berikut:

  1. Penjelasan bahwa hidup dan mati adalah ujian bagi manusia;
  2. Menjelaskan bahwa Allah menciptakan langit dan bumi berlapis-lapis dan semua ciptaan-Nya memiliki keseimbangan;
  3. Perintah Allah untuk memperhatikan isi alam semesta;
  4. Menjelaskan azab Allah yang diancamkan kepada orang-orang kafir;
  5. Menjelaskan bahwa Allah menjadikan bumi demikian rupa sehingga umat manusia mudah memperoleh rezeki;
  6. Peringatan Allah kepada manusia bahwa sangat sedikit orang yang mau bersyukur atas nikmat Allah;
  7. Janji Allah kepada orang-orang mukmin.

Keutamaan dan Manfaat dari Surat Al-Mulk

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-Mulk adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk Al-Mufashshal sebagai tambahan yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw., sehingga beliau memiliki keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi sebelumnya.

Kedua, pembacanya akan memperoleh keamanan sepanjang hari, di hari kiamat hingga masuk surga.

Barangsiapa yang membaca tabaarakalladzi bi yadihil-mulk (Surat Al-Mulk) di dalam salat maktubah-nya sebelum tidur, maka ia akan senantiasa dalam jaminan (keamanan) Allah hingga pagi, dan dalam keamanan-Nya di hari kiamat hingga masuk surga.” (Tsawabul A’mal: 148)

Ketiga, pembacanya akan memperoleh perlindungan di alam kubur, dan pahala seperti pahala orang yang menghidupkan malam Lailatul Qadar.

Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Mulk), maka surat ini dapat menjadi pelindung dari siksa neraka, pembacanya diberi pahala seperti pahala orang yang menghidupkan malam Lailatul Qadar. Barangsiapa yang memeliharanya, maka surat ini dapat menjadi penghiburnya di dalam kubur, menolak segala ujian yang menyusahkannya di dalam kubur, seperti siksaan kubur, menjaganya sampai hari ia dibangkitkan, menjadi penolong baginya di sisi Tuhannya dan mendekatkannya hingga masuk surga dengan aman dari kesepian dan kesendirian di alam kubur.(Tafsirul Burhan, Juz 8: 65)

Ibnu Abas berkata, “Seorang sahabat Rasulullah memukulkan bangsal (tandu) ke atas sebuah kuburan, sedangkan ia tidak mengira bahwa itu adalah kuburan. Lalu ketika ia mengetahui bahwa itu adalah kuburan manusia, segera ia membaca Surat Al-Mulk hingga selesai. Lalu ketika Rasulullah datang, ia menceritakannya. Kemudian Rasulullah bersabda, ‘Ia (Surat Al-Mulk) adalah penghalang dan pelindung, yang melindunginya dari siksa kubur.’”

Anas bin Malik berkata, bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda, “Terdapat sebuah surat dari Al-Qur’an yang hanya terdiri dari tiga puluh ayat, ia dapat membela pembacanya hingga memasukkan ke surga, yakni surat Tabarak (Surat Al-Mulk).(HR. Ath-Tabrani I/176)

Keempat, dapat dijadikan wasilah atau doa agar mayit diringankan dari apa yang akan menimpanya.

Ash-Shidiq berkata, “Barangsiapa yang membacakannya atas mayit, maka Allah akan meringankan apa yang akan menimpanya. Dan jika dibacakan dan dihadiahkan kepada orang yang telah meninggal, maka ia akan melesat cepat menuju-Nya seperti petir yang menyambar, dengan izin Allah.(Tafsirul Burhan, Juz 8: 65)

Kelima, dapat dijadikan wasilah atau doa untuk mengobati sakit gigi.

Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Al-Mulk ayat 23. Berikut bacaannya:

قُلْ هُوَ الَّذِيْٓ اَنْشَاَكُمْ وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْاَبْصَارَ وَالْاَفْـِٕدَةَۗ قَلِيْلًا مَّا تَشْكُرُوْنَ

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surat Al-Mulk. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel