Surat Al-Muzzammil: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Al-Muzzammil: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
Al-Muzzammil sendiri artinya adalah "orang yang berselimut" atau "orang yang sedang menggunakan/memakai selimut". Surat yang terdiri atas 20 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al-Qalam. Ia diberi nama Surat Al-Muzzammil, karena merujuk pada lafaz al-muzzammil yang terdapat pada ayat pertama. Adapun yang dimaksud dengan orang yang berselimut dalam surat ini adalah Nabi Muhammad Saw.

Pokok Kandungan Surat Al-Muzzammil

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Muzzammil adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan petunjuk-petunjuk yang harus dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw. untuk menguatkan rohani guna mempersiapkan menerima wahyu, yakni dengan bangun tengah malam untuk mendirikan salat tahajud, membaca Al-Qur'an dengan tartil, bertasbih, dan bertahmid;
  2. Perintah untuk bersabar dalam menerima penghinaan orang-orang yang mendustakan Rasul;
  3. Perintah bagi kaum Muslimin untuk mendirikan salat tahajud, berjihad di jalan Allah, membaca Al-Qur'an, menunaikan zakat, menafkahkan harta di jalan Allah dan memohon ampunan kepada Allah. Swt.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Muzzammil

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-Muzzammil adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat Al-Muzzammil termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keistimewaan dan keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi sebelumnya.

Kedua, Pembacanya akan memperoleh kehidupan dan kematian dan baik atau husnulkhatimah.

Dai Abi Abdullah berkata, "Barangsiapa yang membaca Surat Al-Muzzammil di waktu isya akhir, atau di akhir malam (menjelang subuh), maka malam dan siang akan besaksi (kebaikan) untuknya bersama Surat Al-Muzzammil. Allah akan memberinya kehidupan yang baik dan akan mematikannya dengan kematian yang baik pula." (Tsawabul A'mal: 150)

Ketiga, orang yang membacanya akan memperoleh pahala memerdekakan budak di jalan Allah sejumlah jin dan setan, dihilangkan semua kesulitannya, dan dapat bermimpi berjumpa dengan Nabi Muhammad Saw.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Muzzammil), maka ia akan memperoleh pahala seperti pahala orang yang memerdekakan budak di jalan Allah, sejumlah jin dan setan dan Allah akan mengangkat kesulitannya di dunia dan akhirat. Dan barangsiapa yang membacanya secara istiqamah, ia dapat melihatku dalam mimpi, lalu ia dapat meminta apa yang diinginkan hatinya." (Tafsirul Burhan, Juz 8: 136)

Keempat, orang yang membacanya akan memperoleh ampunan seratus dosa dan dicatat seratus kebaikan.

Ah-Shidiq berkata, "Barangsiapa yang membacanya (Surat Al-Muzzammil) secara istiqamah, maka ia dapat melihat Nabi (dalam mimpi) dan minta apa yang diinginkannya kepada beliau, maka Allah pun akan memberikan semua kebaikan yang diinginkannya. Barangsiapa yang membacanya di malam Jumat sebanyak seratus kali, maka Allah akan mengampuni seratus dosanya dan dicatat untuknya seratus kebaikan dengan sepuluh yang semisal dengannya, sebagaimana Firman Allah." (Tafsirul Burhan, Juz 8: 136)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan dan manfaat dari Surat Al-Muzzammil. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel