Surat Al-Qadr: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Al-Qadr: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
Al-Qadr sendiri artinya adalah “ketetapan”. Surat yang terdiri atas 5 ayat ini termasuk dalam golongan surat Makiyyah dan diturunkan setelah Surat ‘Abasa. Ia diberi nama Surat Al-Qadr karena merujuk pada lafaz al-qadr yang terdapat pada ayat pertama.

Pokok Kandungan Surat Al-Qadr

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Qadr adalah sebagai berikut:

  1. Al-Qur’an mulai diturunkan pada malam Lailatul Qadar;
  2. Malam Lailatul Qadar adalah malam yang nilainya lebih dari seribu bulan;
  3. Para malaikat dan Jibril turun ke dunia pada malam Lailatul Qadar untuk mengantar segala urusan.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Qadr

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-Qadr adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat Al-Qadr termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi sebelumnya.

Kedua, memperoleh pahala orang yang berperang di jalan Allah dan diampuni seribu dosanya.

Dari Saif bin Amirah dari seorang lelaki, dari Abi Ja’far berkta, “Barangsiapa yang membaca Surat Al-Qadr, dengan suara keras, maka ia seperti orang yang mengayunkan pedangnya di jalan Allah dan barangsiapa yang membacanya dengan suara pelan (rahasia), maka ia seperti orang yang mengalir ruhnya di jalan Allah. Dan barangsiapa yang membacanya sepuluh kali, maka diampuni seribu dosanya. (Al-Kafi, Juz 2: 454)

Ketiga, memperoleh pahala orang yang berpuasa Ramadhan dan sebagai wasilah doa keselamatan tempat penyimpanan.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Qadr), maka ia akan memperoleh pahala seperti orang yang berpuasa di bulan Ramadhan, dan jika bertepatan dengan malam Lailatul Qadar, maka ia memperoleh pahala seperti orang yang berperang di jalan Allah. Dan barangsiapa yang membacanya atas pintu tempat penyimpanan, maka Allah akan menyelamatkannya dari segala bahaya dan keburukan sampai pemiliknya mengeluarkan apa yang ada di dalamnya.

Keempat, memperoleh keamanan, dan wasilah doa agar memperoleh keberkahan dari benda-benda dan kemanfaatan dari hasil bumi.

Ash-Shidiq berkata, “Barangsiapa yang membacanya setelah waktu Isya akhir sebanyak lima belas kali, maka ia akan berada dalam keamanan Allah sampai malam berikutnya. Barangsiapa yang di setiap malam sebanyak tujuh kali, maka ia memperoleh keamanan sampai fajar terbit. Barangsiapa yang membacanya atas suatu sesuatu berlapis emas, atau perak, atau perkakas rumah, maka Allah memberi keberkahan padanya dari segala hal yang dapat membahayakan. Dan jika dibaca atas hasil bumi, maka memberi manfaat, dengan izin Allah.”

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan dan manfaat dari Surat Al-Qadr. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel