Surat Al-Qari'ah: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Al-Qari'ah: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
Al-Qari’ah sendiri artinya adalah “hari kiamat”. Surat yang terdiri atas 11 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Quraisy. Ia diberi nama Surat Al-Qari'ah karena merujuk pada lafaz al-qari’ah yang terdapat pada ayat pertama. Sebenarnya aritnya adalah “yang memukul dengan keras”, lalu dipakai untuk nama hari kiamat.

Pokok Kandungan Surat Al-Qari'ah

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Qari'ah adalah:

Kejadian-kejadian pada hari kiamat, yaitu manusia bertebaran, gunung-gunung berhamburan, amal perbuatan manusia ditimbang dan mendapatkan balasan.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Qari'ah

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-Qari'ah adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat Al-Qari'ah adalah termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi sebelumnya.

Kedua, aman dari fitnah Dajjal dan bau neraka Jahanam

Abi Ja’far berakta, “Barangsiapa yang membaca dan memperbanyak bacaannya Surat Al-Qari'ah, maka Allah memberinya keamanan dari fitnah Dajjal dari beriman kepadanya, dan dari hembusan neraka Jahanam di hari kiamat, Insya Allah.(Tsawabul A’mal: 155)

Ketiga, diberatkan amalan kebaikannya di mizan dan dapat dijadikan doa atau wasilah bagi orang yang bernasib kurang baik (buruk).

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Qari'ah), maka Allah akan memberatkan timbangan kebaikannya di hari kiamat. Dan barangsiapa yang menulisnya dan mengalungkannya kepada orang yang bernasib buruk dari keluarga dan pelayannya, maka Allah akan membukakan kebaikan dan rezekinya.” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 368)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan dan manfaat dari Surat Al-Qari'ah. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel