Surat Al-Qiyamah: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Al-Qiyamah: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
Surat Al-Qiyamah – Al-Qiyamah sendiri artinya adalah “hari kiamat”. Surat yang terdiri atas 40 ayat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al-Qari’ah. Ia diberi nama Surat Al-Qiyamah, karena merujuk pada lafaz al-qiyamah yang terdapat pada ayat pertama.

Pokok Kandungan Surat Al-Qiyamah

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Qiyamah adalah sebagai berikut:

  1. Kepastian terjadinya hari kiamat dan huru-hara yang terjadi padanya;
  2. Menjelaskan tentang jaminan Allah terhadap ayat-ayat Al-Qur’an dalam dada Nabi, sehingga Nabi tidak lupa tentang urutan dan pembacaannya:
  3. Hinaan Allah terhadap orang-orang musyrik yang lebih mencintai dunia dan meninggalkan akhirat;
  4. Menceritakan keadaan manusia di waktu sakaratul-maut.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Qiyamah

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-Qiyamah adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat Al-Qiyamah termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau diberi keutamaan dan keistimewaan dibanding nabi-nabi sebelumnya.

Kedua, orang yang membacanya kelak akan dibangkitkan dari kubur bersama Rasulullah Saw. dalam bentuk paling baik.

Abi Ja’far berkata, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Qiyamah) secara istiqmaha, dan beramal dengannya, maka Allah akan membangkitkannya dari kubur bersama Rasulullah Saw. dalam sebaik-baiknya bentuk, diberi kabar gembira, dan wajahnya penuh bahagia hingga ia berjalan di atas shirat (jembatan) dan mizan,(Tsawabul A’mal: 150)

Ketiga, Rasulullah dan Malaikat Jibril akan bersaksi untuknya di hari kiamat.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Qiyamah), maka aku dan Malaikat Jibril akan bersaksi untuknya di hari kiamat, ia termasuk orang yang percaya dengan hari kiamat, ia keluar dari kuburnya dengan wajah yang lebih terang dari wajah makhluk lainnya, cahayanya menyinari di antara kedua tangannya. Dan barangsiapa yang membacanya secara istiqamah dapat mendapatkan rezeki, perlindungan dan rasa cinta dari masyarakat.” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 164)

Keempat, dapat mendatangkan kekuatan hati dan badan.

Di dalam Al-Misbah disebutkan, "Apabila ia (Surat Al-Qiyamah) dibaca, maka dapat menguatkan hati dan badan, dan bila airnya diminum dapat juga menguatkan badan yang lemah.” (Al-Misbah Lil-Kafami: 613)

Demikianlah pembahasan mengenai pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surat Al-Qiyamah. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel