Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat Asy-Syams: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Asy-Syams: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
Asy-Syams sendiri artinya adalah “matahari”. Surat yang terdiri atas 15 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al-Qadar. Ia diberi nama Surat Asy-Syams karena merujuk pada lafaz asy-syams yang terdapat pada ayat pertama.

Pokok Kandungan Surat Asy-Syams

Adapun pokok kandungan dari Surat Asy-Syams adalah sebagai berikut:

  1. Menceritakan bahwa kaum Tsamud dihancurkan oleh Allah karena kedurhakaan mereka;
  2. Allah menegaskan bahwa hal itu amatlah mudah bagi-Nya, sebagaimana mudahnya menciptakan benda-benda alam, siang dan malam;
  3. Allah memberitahukan kepada umat manusia jalan ketakwaan dan jalan kekafiran;
  4. Manusia memiliki kebebasan memilih antara kedua jalan tersebut.

Keutamaan dan Manfaat Surat Asy-Syams

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Asy-Syams adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat Asy-Syams adalah termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, apapun yang ada pada dirinya akan bersaksi untuknya di hari kiamat, dan masuk surga mana pun yang diinginkannya.

Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang memperbanyak bacaan Surat Asy-Syams, di siang atau malam hari, maka tidak ada suatu yang menghadirinya kecuali bersaksi untuknya di hari kiamat, hingga rambutnya, kulitnya, dagingnya, darahnya, uratnya, syarafnya dan tulangnya. Dan Tuhan pun berfirman, ‘Aku menerima kesaksian kalian untuk hamba-Ku dan Aku akan membalasnya. Pergilah kalian untuk hamba-Ku dan Aku akan membalasnya. Pergilah kalian dengannya menuju surga-surga-Ku, hingga ia dapat memilih surga mana pun yang ia inginkan. Lalu berikanlah semua itu kepadanya, bukan sebagai karunia, namun karena rahmat-Ku untuknya. Keutamaan atasnya dan kemudahan untuk hamba-Ku.’” (Tswawabul A’mal: 153)

Ketiga, ibarat bersedekah kepada seluruh manusia, dan agar memperoleh taufik dari Allah.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini, maka ia akan bersedekah kepada orang yang matahari dan bulan terbit padanya. Dan barangsiapa yang sedikit taufik, maka ia dapat membacanya secara istiqamah, maka Allah akan memberikan taufik di mana pun ia berada. Surat ini juga dapat menambah hafalan, diterima di sisi masyarakat dan pangkat (jabatan). (Tafsirul Burhan, Juz 8: 296)

Keempat, dapat dijadikan doa atau wasilah agar memperoleh pertolongan bagi orang sedikit rezeki dan taufik, serta banyak kerugian dan kesedihan. Ia dapat juga berfungsi sebagai obat demam.

Ash-Sidiq berkata, “Disunahkan bagi orang yang sedikit rezeki dan taufik, serta banyak kerugian dan kesedihan, agar senantiasa membacanya (Surat Asy-Syams), karena di dalamnya terdapat pertolongan. Dan barangsiapa yang meminum airnya, maka dapat menenangkan demam (disertai menggigil) dengan izin Allah.” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 296)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surat Asy-Syams. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam