Surat Asy-Syarh: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Asy-Syarh: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
Asy-Syarh atau Alam Nasyrah sendiri artinya adalah "Bukankah Kami telah melapangkan". Surat yang terdiri atas 8 ayat ini, termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Adh-Dhuha. Ia diberi nama Surat Asy-Syarh, karena merujuk pada lafaz alam nasyrah yang terdapat pada ayat pertama. Selain nama Surat Asy-Syarh, surat ini juga dinamakan Surat Al-Insyirath.

Pokok Kandungan Surat Asy-Syarh

Adapun pokok kandungan dari Surat Asy-Syarh adalah penegasan tentang nikmat-nikmat Allah yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. dan pernyataan Allah bahwa di balik kesulitan ada kemudahan, sehingga diperintahkan kepada Nabi Muhammad Saw. agar senantiasa melakukan amal kebaikan dan bertawakal kepada-Nya.

Keutamaan dan Manfaat Surat Asy-Syarh

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Asy-Syarh adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat Asy-Syarh adalah termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi sebelumnya.

Kedua, adapun yang ada pada dirinya akan bersaksi untuknya di hari kiamat, dan masuk surga mana pun yang diinginkannya.

Ketiga, Rasulullah Saw. bersabda, "Barangsiapa yang membacanya (Surat Asy-Syarh), maka Allah akan memberinya keyakinan dan kesehatan. Dan barangsiapa yang membaca atas sakit dada, dan menulisnya, maka Allah akan menyembuhkannya." (Tafsirul Burhan, Juz 8: 314)

Keempat, dapat dijadikan doa atau wasilah menjadi obat atas penyakit sulit buang air kecil. Rasulullah Saw. bersabda, "Barangsiapa yang menulisnya (Surat Asy-Syarh) di dalam wadah, dan meminum airnya, sedangkan ia sulit buang air kecil, maka Allah akan menyembuhkannya dan memudahkan keluarnya." (Tafsirul Burhan, Juz 8: 314)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan dan manfaat dari Surat Asy-Syarh. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel