Surat At-Takwir: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Daftar Isi

Surat At-Takwir: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
At-Takwir sendiri artinya adalah “menggulung”. Surat yang terdiri atas 29 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al-Lahab. Adapun kata At-Takwir yang disajikan sebagai nama surat ini, adalah bentuk masdar dari lafaz kuwwirat yang terdapat pada ayat pertama.

Pokok Kandungan Surat At-Takwir

Adapun pokok kandungan dari Surat At-Takwir adalah sebagai berikut:

  1. Menceritakan keguncangan yang terjadi di hari kiamat;
  2. Dijelaskan bahwa di hari kiamat, setiap jiwa akan mengetahui apa pun yang dikerjakannya selama di dunia;
  3. Penjelasan bahwa Al-Qur’an adalah wahyu Allah yang disampaikan melalui Malaikat Jibril;
  4. Penegasan atas kenabian Muhammad Saw.;
  5. Al-Qur’an adalah pedoman bagi manusia yang menginginkan hidup lurus;
  6. Keberhasilan manusia mencapai kehidupan yang lurus tergantung taufik dari Allah Swt.

Manfaat dan Keutamaan Surat At-Takwir

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat At-Takwir adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat At-Takwir adalah termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keistimewaan dan kelebihan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, Surat At-Takwir adalah salah satu surat yang menggambarkan kedahsyatan hari kiamat.

Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang hendak melihat keadaan hari kiamat seakan-akan ia melihat dengan matanya sendiri, maka hendaklah ia membacanya yakni idzasy-syamsu kuwwirat (Surat At-Takwir), Idzas-Syama’un-fatharat (Al-Infithar), dan idzas-sama’un’syaqqat (Al-Insyiqaq).” (HR. Ahmad)

Ketiga, orang yang membacanya akan memperoleh perlindungan dari Allah dan surga-Nya.

Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca ‘abasa wa tawalla (‘Abasa) dan Idzasy-syamsu kuwwirat (Surat At-Takwir), maka ia akan berada di bawah sayap (perlindungan) Allah, di dalam naungan Allah dan kemuliaan-Nya, di dalam surga-Nya. Insya Allah.” (Tsawabul A’mal: 151)

Keempat, Aman dari terbukanya kejelekan di hari kiamat dan obat sakit mata.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat At-Takwir), maka Allah akan melindunginya dari terbukanya kejelekan ketika amal catatan (perbuatannya selama hidup di dunia) dibentangkan, dan ia melihat Nabi Muhammad Saw., sedang ia dalam keadaan aman. Dan barangsiapa yang membacanya atas orang yang terkena sakit mata, atau ujung-ujungnya, maka ia akan terbebas darinya dengan izin Allah.” (Tafsirul Burhan, Juz8: 218)

Demikianlah pembahasan mengenai pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surat At-Takwir. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam