Surat At-Tin: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat At-Tin: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
At-Tin sendiri artinya adalah “buah tin”. Surat yang terdiri atas 8 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah surat Al-Buruj. Ia diberi nama Surat At-Tin karena merujuk pada lafaz at-tin yang terdapat pada ayat pertama.

Pokok Kandungan Surat At-Tin

Adapun pokok kandungan dari Surat At-Tin adalah sebagai berikut:

  1. Manusia adalah makhluk terbaik, baik roh dan jasmaninya, namun mereka akan direndahkan apabila tidak beriman dan beramal saleh.
  2. Penegasan bahwa Allah adalah Zat yang Mahaadil.

Keutamaan dan Manfaat Surat At-Tin

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat At-Tin adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat At-Tin termasuk dalam Al-Muafshshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, pembacanya akan memperoleh surga dari Allah.

Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca Surat At-Tin di dalam salat fardu dan sunahnya, maka ia akan diberi surga hingga ia rida. Insya Allah.” (Tsawabul A’mal: 153)

Ketiga, dapat dijadikan doa atau wasilah agar makanan menjadi baik.

Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membacanya (Surat At-Tin) atas makanan, maka Allah akan menghilangkan keburukan dari makanan itu, meski terdapat racun di dalamnya, maka ia menjadi obat.(Tafsirul Burhan, Juz 8: 318)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan dan manfaat dari Surat At-Tin. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel