Surat Ath-Thariq: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Ath-Thariq: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya
Ath-Thariq sendiri artinya adalah “yang datang di malam hari.” Surat yang terdiri atas 17 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al-Balad. Ia diberi nama Surat Ath-Thariq, karena merujuk pada lafaz ath-thariq yang terdapat pada ayat pertama dari surat ini.

Pokok Kandungan Surat Ath-Thariq

Adapun pokok kandungan dari Surat Ath-Thariq adalah sebagai berikut:

  1. Penjelasan bahwa setiap jiwa senantiasa dalam pemeliharaan dan pengawasan Allah;
  2. Merenungkan masalah penciptaan manusia, yakni air mata, akan dapat menghilangkan sifat sombong dan takabur;
  3. Menegaskan bahwa Allah kuasa menghidupkan kembali manusia pada hari kiamat, di mana pada waktu itu tiada kekuatan yang dapat menolong kecuali Allah;
  4. Al-Qur’an adalah pemisah antara yang hak dan batil.

Manfaat dan Keutamaan Surat Ath-Thariqa

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Ath-Thariq adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat Ath-Thariq adalah termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, orang yang membacanya akan mendapatkan pahala sepuluh kebaikan sejumlah bintang di langit, dan dapat dijadikan doa atau wasilah mengobati luka.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Ath-Thariq), maka Allah akan mencatatnya melakukan sepuluh kebaikan sejumlah semua bintang di langit. Barangsiapa yang menulisnya dan membasuhnya dengan air, dan membasahkannya ke luka, maka ia akan membaik. Dan jika dibacakan atas suatu hal, maka ia dapat memeliharanya dan pemiliknya aman atasnya.” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 265)

Ketiga, dapat dijadikan doa atau wasilah untuk mengobati penyakit

Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Ath-Thariq ayat 1-7. Berikut bacaannya:

وَالسَّمَآءِ وَالطَّارِقِۙ

وَمَاۤ اَدۡرٰٮكَ مَا الطَّارِقُۙ‏

النَّجۡمُ الثَّاقِبُۙ‏

اِنۡ كُلُّ نَفۡسٍ لَّمَّا عَلَيۡهَا حَافِظٌؕ

فَلۡيَنۡظُرِ الۡاِنۡسَانُ مِمَّ خُلِقَؕ

خُلِقَ مِنۡ مَّآءٍ دَافِقٍۙ

يَّخۡرُجُ مِنۡۢ بَيۡنِ الصُّلۡبِ وَالتَّرَآٮِٕبِؕ

"Demi langit dan yang datang pada malam hari, tahukah kamu apakah yang datang pada malam hari itu, (yaitu) bintang yang cahayanya menembus, tidak ada suatu jiwa pun (diri) melainkan ada penjaganya, maka hendaklah manusia memperhatikan dari apakah dia diciptakan, dia diciptakan dari air yang dipencarkan, yang keluar dari antara tulang sulbi laki-laki dan tulang dada perempuan." (QS. Ath-Thariq: 1-7)

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan serta manfaat dari Surat Ath-Thariq. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel