Tips Agar Dimudahkan Segala Urusan Oleh Allah Swt.

Tips Agar Dimudahkan Segala Urusan Oleh Allah Swt.
KH. Drs. Mukhtasor, usia 55 tahun, adalah kiai bersahaja dan penyabar. Sehari-hari waktunya banyak dihabiskan untuk mengajar para santri di pesantren pada sore hari hingga malam tentang fiqih (hukum Islam) dan ilmu alat  (ilmu tata bahasa Arab) dan khusus malam Sabtu memberi pengajian kepada santri tua dari lingkungan sekitar.

Jabatan sebagai Kepala Sekolah di SD Pringsurat 1 dan 2 Temanggung dan Kepala Sekolah di SMP Jam’iyyatut Tholibin Kandangan serta Pengasuh PP. Jam’iyyatut Tholibin membuatnya harus pintar membagi waktu sehingga kondisi badannya tetap terjaga. 

Apa yang dilakukan oleh bapak tiga anak ini adalah bentuk pengabdian dalam mengamalkan ajaran Islam. Prinsip hidupnya adalah, “Selalu sabar dalam mengarungi bahtera kehidupan dan tentu dengan disertai keikhlasan dalam menerima setiap apa yang ditakdirkan Allah.”

Dalam hal apapun, ia selalu menjadi teladan, misalnya ia tak pernah memarahi dan main perintah kepada anak-anaknya. Meskipun ia tidak memerintah, tetapi mereka sendiri yang dengan sadar melakukan apa yang harus dilakukan. Hal ini dikatakan sendiri oleh putra keduanya, M. Yusuf Hasyim.

Salah satu amalan yang tidak pernah ditinggalkannya kecuali ada halangan misalnya sakit, insya Allah tiap malam ia melakukan shalat tahajud. Shalat tahajud adalah ibadah terindah baginya. Dengan tahajud, ia merasa lebih tenang dan dekat kepada Allah Swt.

Salah satu sifat menonjol dari bapak ini, kalau sudah punya hajat (keinginan) seratus persen yakin bisa melakukannya, tetapi semuanya lagi-lagi dipasrahkan secara total kepada Allah. Ia selalu yakin atas apa yang dicita-citakan akan berhasil tetapi semua itu atas kehendak Allah. Contoh yang tampak adalah keinginannya untuk membangun pondok putri yang membutuhkan dana sangat banyak, tetapi dengan dana yang minim akhirnya bisa membangun pondok putri tersebut. 

Dari mana asal dana itu? Ternyata, secara tak terduga banyak donatur berdatangan untuk membantu pembangunan pondok putri tersebut. 

“Jika hanya mengandalkan bantuan dana dari Depag, tentu tidak akan cukup. Dan inilah keajaiban dari Allah. Segalanya selalu dipermudah,” kata Yusuf Hasyim

Sabar, ikhlas, menerima apapun yang ditakdirkan oleh Allah, serta mendirikan salat tahajud secara rutin adalah solusi utama bagi segala macam urusan. Terkadang, Allah akan membantu kita di luar kemampuan hamba-Nya sendiri. Maka dari itu, percayakan semuanya kepada Allah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel