Dilema Rambut Gimbal, Gimana Mandi Wajibnya?

Rambut gimbal adalah gaya rambut yang mirip tali berbentuk anyaman atau kepangan. Gaya rambut seperti ini telah dikenal sejak berabad-abad lalu, dan masih menjadi gaya rambut populer di kalangan muda-mudi tanah air.

Dilema Rambut Gimbal, Gimana Mandi Wajibnya?

Dalam dunia musik, Reggae adalah satu dari puluhan aliran musik yang ikut mempopulerkan gaya rambut gimbal. Antara idola mereka, Bob Marley, musik Reggae dan Rambut gimbal, mereka adalah tiga komponen yang tidak terpisahkan.

Tetapi pada kesempatan kali ini, kami tidak ingin membahas panjang lebar mengenai apa itu rambut gimbal. Sesuai judul di atas, kami hanya ingin membahas tentang bagaimana cara bersucinya orang yang memiliki rambut gimbal?

Seperti yang kita ketahui, mandi wajib disyaratkan harus meratakan air dari ujung rambut sampai ke ujung kaki. Lalu, apakah orang yang memiliki rambut gimbal juga diwajibkan meratakan air ke dalam kulit kepala?

Jawabannya adalah “tidak”. Mereka tidak diwajibkan meratakan air sampai kulit kepala asalkan gimbalnya tersebut tumbuh dengan cara alami.

Dalam kitab Hasyiyah asy-Syarwani dijelaskan, bahwa:

Wajib mengurai rambut yang digelung yang membuat air tidak bisa mengalir sampai pada kulit. Berbeda dengan rambut gimbal secara alami. Hukum terebut berlaku, meski gimbal terjadi karena pemilik rambut tidak merawatnya dengan minyak atau sejenisnya. Karena merawat rambut bukan tuntutan.” (Hasyiyah asy-Syarwani, Juz 1: 292)

Di daerah Dieng misalnya, ada beberapa orang yang memiliki rambut gimbal secara alami. Dalam Islam, merawat rambut bukanlah sebuah tuntutan. Maka hukum meratakan air ini menjadi pengecualian buat mereka.

Berbeda dengan gimbal palsu yang dipasang di rambut asli. Maka wajib baginya meratakan air sampai ke kulit sebagaimana ketentuan yang sudah berlaku untuk orang-orang yang memiliki rambut normal.

Tetapi, anjuran yang paling baik adalah tetap meratakan meskipun itu sulit. Hal ini bertujuan agar mendapatkan keutamaan mandi wajib itu sendiri. Ketika Islam memerintahkan demikian, pastilah akan menyimpan banyak sekali manfaat di dalamnya.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai ketentuan hukum mandi wajib bagi orang yang memiliki rambut gimbal lengkap dengan dalilnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Sumber gambar: jateng.garudacitizen.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel