Doa Buang Hajat Bagi Anak Kecil

Dalam Islam, buang hajat adalah proses mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh lewat jalur kubul maupun dubur, dan dibebankan baginya hadas kecil yang dapat menghalanginya melakukan salat, dan ibadah-ibadah lainnya yang membutuhkan kesucian (wudu).

Doa Buang Hajat Bagi Anak Kecil

Saat seseorang buang hajat, maka status suci hadasnya hangus, dan wajib baginya beristinja’ (cebok) untuk menghilangkan bekas-bekas najis yang masih menempel di jalan keluar (baik kubul maupun dubur).

Adapun cara menyucikannya adalah dengan berwudu sebagaimana ketentuan yang berlaku. Atau bertayamum apabila tidak ditemukan air sama sekali.

Sedangkan tata cara buang hajat yang baik dan benar adalah dengan menutupi areanya. Maksudnya, area yang ia gunakan untuk buang hajat harus ditutupi dengan sesuatu yang dapat menjadi mani’ (penghalang) dari penglihatan orang lain.

Adapun etika buang hajat adalah tidak menghadap ke arah kiblat, tidak sambil makan, minum, bermain HP, merokok, melihat kemaluannya sendiri, dan melihat kotorannya sendiri.

Sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh Taqiyuddin al-Hisni ad-Damasyqi dalam kitabnya:

Al-Muhib al-Tabari berkata, ‘Saat buang air, sebaiknya tidak makan, minum, melihat kotoran yang keluar, melihat kemaluan, memandang langit dan bermain-main dengan tangan.’” (Kifayatul al-Akhyar, Juz 1: 31)

Doa buang hajat untuk anak kecil

Kenapa doa buang hajat untuk anak kecil?

Karena doa ini dimaksudkan untuk orang tua yang mengantar anaknya buang hajat dan si anaknya tadi tidak memiliki kemampuan untuk berdoa sendiri.

Dalam kitab Hasyiyah al-Jamil dijelaskan, bahwa:

Seseorang yang masuk jamban bersama anak kecil untuk mengantarnya buang hajat. Apakah dia disunahkan membaca, ‘Bismillahi Allahumma inni a’udzubika’ atau ‘Bismillahi inni ya’udzubika’ sebagai ganti dari si anat atau tidak disunahkan membaca apapun? Dia sunah membaca ‘Bismillahi Allahumma inni a’udzubika’ atau ‘Bismillahi inni ya’udzubika’(Hasyiyah al-Jamil oleh Syaikh Sulaiman bin Umar, terbitan Darul Kutub Ilmiyyah, Juz 1: 146)

Dari dalil di atas dapat disimpulkan bahwa, orang tua yang mengantar anaknya buang hajat juga disunahkan berdoa, adapun doanya yaitu:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ 

Dan yang paling sempurna adalah ditambah lafaz ini:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الخُبُثِ وَالخَبَائِث

Demikianlah pembahasan singkat mengenai doa buang hajat bagi anak kecil. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel