Surat Al-Kautsar: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnyaa

Daftar Isi

Surat Al-Kautsar: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnyaa
Al-Kautsar sendiri artinya adalah “nikmat yang banyak”. Surat yang terdiri atas 3 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al’Adiyat. Ia diberi nama Surat Al-Kautsar karena merujuk pada lafaz al-kautsar yang terdapat pada ayat pertama. Surat ini juga menjadi penghibur hari Nabi Muhammad Saw.

Pokok Kandungan Surat Al-Kautsar

Adapun pokok kandungan dari Surat Al-Kautsar adalah sebagai berikut:

Allah telah melimpahkan nikmat yang banyak, maka dirikanlah salat dan berkurbanlah.

Nabi Muhammad akan memiliki pengikut banyak sampai hari kiamat dan nama yang baik di dunia dan akhirat, tidak seperti yang dituduhkan oleh orang-orang yang membencinya.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Kautsar

Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-Kautsar adalah sebagai berikut:

Pertama, Surat Al-Kautsar termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, diberi minum dari telaga Al-Kautsar dan dicatat berbuat sepuluh kebaikan sejumlah semua orang yang berkurban di yamun-nahr.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Kautsar), maka Allah akan memberinya minum dari telaga Al-Kautsar dan dari semua telaga yang ada di surga. Allah juga mencatatnya berbuat sepuluh kebaikan sejumlah seluruh orang yang berkurban di yaumun-nahr...” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 398)

Ketiga, wasilah doa melihat Rasulullah Saw. dalam mimpi.

Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membacanya (Surat Al-Kautsar), maka Allah akan memberinya minum dari telaga Al-Kautsar dan dari semua telaga di surga. Dan barangsiapa yang membacanya di malam Jumat sebanyak seratus kali dengan sempurna, maka ia dapat melihat Nabi di dalam tidurnya (mimpi), dengan izin Allah.” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 398)

Sedangkan dalam kitab Khawashul Qur’an disebutkan bahwa barangsiapa yang membaca Surat Al-Kautsar sebanyak seribu kali di malam Jumat setelah salat malam dan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad Saw. dan keluarganya, sebanyak seribu kali juga, maka ia dapat melihat Nabi di dalam tidurnya.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pokok kandungan, keutamaan dan manfaat dari Surat Al-Kautsar. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam