Apa yang Dilakukan Malaikat Ketika di Alam Ruh?

Daftar Isi

Apa yang Dilakukan Malaikat Ketika di Alam Ruh?
Abusyuja.com – Pada kajian sebelumnya, kami telah membahas mengani siapa itu Malaikat dan beberapa hal yang berkaitan dengan hakikat Malaikat. Kami juga sudah pernah membahas mengenai kebenaran apakah Malaikat itu punya sayap atau tidak, dan kebenaran bahwa Malaikat itu diciptakan dari Nur (cahaya).

Dan pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai amaliah-amaliah apa saja yang dilakukan Malaikat di alam ruh. Seperti yang kita tahu, Malaikat adalah makhluk Allah yang memiliki pekerjaan tersendiri di alam ruh. Mereka juga mempunyai hubungan khusus dengan bangsa manusia.

Berikut kami paparkan beberapa pekerjaan Malaikat di alam ruh: 

1. Bertasbih

Salah satu hal yang dilakukan Malaikat ketika di alam ruh adalah bertasbih, yaitu memahasucikan serta patuh dan tunduk sepenuhnya kepada Allah Swt. Sebagaimana firman-Nya:

“Sesungguhnya semua Malaikat yang adai di sisi Tuhanmu itu tidak menyombongkan diri dan tidak enggan beribadah kepada-Nya. Mereka memahasucikan dan bersujud kepada-Nya.” (QS. Al-A’raf: 206)

Di dalam firman lain juga dijelaskan:

“Engkau lihat Malaikat-Malaikat itu berkerumun di sekitar ‘Arsy sembari memahasucikan dengan memuji kepada Tuhan mereka.” (QS. Zumar: 75)

2. Memikul ‘Arsy

Hal ini dijelaskan dalam Al-Qur’an Surat Ghafir ayat 7:

“Malaikat-malaikat yang memikul ‘Arsy dan yang berada di sekitar itu sama-sama memahasucikan dengan memuji kepada Tuhan mereka dan mereka juga beriman kepada-Nya.” (QS. Ghafir: 7)

Dan di ayat lain dijelaskan:

“Dan delapan Malaikat pada hari itu memikul singgasana Tuhanmu di atas mereka.” (QS. Haqqah: 17)

Dan dijelaskan pula dalam ayat lain:

“Dan para Malaikat bersama-sama masuk menemui mereka (ahli surga) dari segala pintu. Mereka mengucapkan, ‘Selamat (damai) atas tuan-tuan sekalian karena tuan telah berteguh hati.’” (QS. Rad: 23-24)

3. Menyiksa para ahli neraka

Allah berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu sendiri dan para keluargamu dari api mereka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. Di situ dijaga oleh para Malaikat yang kasar-kasar tindakannya lagi bengis, tidak bermaksiat (menyalahi) kepada Allah perihal perintah-perintah-Nya dan mereka itu selalu mengerjakan apa saja yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim: 6)

Di dalam ayat lain dijelaskan:

“Adakah yang memberitahukan kepadamu, apakah Saqar itu? Neraka yang tiada meninggalkan dan tiada membiarkan. Membakar dan mengganti kulit manusia. Yang menjaganya ada sembilan belas Malaikat.” (QS. Al-Muddassir: 27-31)

Itulah beberapa pekerjaan yang dilakukan Malaikat di alam ruh. Sebenarnya masih ada banyak lagi pekerjaan Malaikat di alam semesta ini yang tidak cukup kami sebutkan satu persatu. Sebab, sangat banyak sekali macamnya, termasuk pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan alam manusia.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, untuk selebihnya akan kami sambung pada kajian berikutnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam