Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa 10 Muharam (Malam 10 Asyura) dan 12 Amalannya

Bulan Muharam adalah salah satu bulan Istimewa yang dimuliakan oleh Allah Swt. Di bulan Muharam atau Asyura ini, umat muslim dianjurkan untuk melakukan berbagai amaliah kebaikan.

Di dalam kitab I’anah ath-Thalibin dijelaskan bahwa pada hari Asyura atau Muharam banyak sekali terjadi peristiwa-peristiwa penting, di antaranya yaitu diterimanya taubat Nabi Adam As., selamatnya Nabi Musa dari kejaran raja Firaun, diselamatkannya Nabi Nuh di bencana banjir besar, dan masih banyak lagi.

Di dalam kitab Umdatul Qari’ Syarah Sahih Bukhari juga dijelaskan secara lengkap bahwa Allah memberikan kemuliaan dan kehormatan pada sepuluh Nabi-Nya di hari Ayura atau bulan Muharam, yaitu selamatnya Musa dari Firaun, pendaratan kapal Nabi Nuh, keselamatan Nabi Yunus dari dalam perut ikan, ampunan Allah terhadap Nabi Adam, kelahiran Nabi Ibrahim, kembalinya penglihatan Nabi Yakub, dan ampunan Allah untuk Nabi Muhammad Saw. untuk segala kesalahan yang telah lampau dan yang akan datang. (Sumber: (Umdatul Qari’ Syarah Shahih Bukhari, Juz 11: 117)

Dan tentunya masih banyak lagi peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada bulan Asyura atau Muharam ini. Nah, sesuai judul di atas, kami akan memaparkan amalan-amalan apa saja yang paling utama dilakukan di bulan Asyura atau Muharam ini. Berikut penjelasannya:

1. Salat Tasbih

Salah satu amalan yang paling utama di bulan Asyura atau Muharam ini adalah salat Sunah Tasbih, yaitu salat sunah yang dilakukan sebanyak empat rakaat dengan satu kali salam.

Adapun niatnya yaitu:

Ushalli sunnata tasbihi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala.

Sedangkan niat bahasa Indonesianya:

Saya berniat melaksanakan salat sunah Tasbih dua rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.

2. Puasa Asyura

Amaliah berikutnya adalah puasa di hari Asyura. Puasa Asyura dilakukan pada tanggal 10 Muharam. Sedangkan di hari sebelumnya, yaitu pada tanggal 9 Muharam kita juga dianjurkan untuk puasa Tasua.

Puasa bulan Muharam ini disebut sebagai bagian dari amaliah penghapus dosa-dosa selama satu tahun yang telah berlalu.

3. Sedekah

Amalan berikut adalah memberi sedekah. Minimal memberikan sedekah lebih kepada keluarga dibanding dengan hari-hari biasanya. Atau mungkin memberikan sedekah kepada sanak kerabat dekat yang membutuhkan.

4. Mandi besar

Berbeda dengan mandi pada umumnya, mandi besar atau mandi junub adalah membasahi seluruh tubuh dengan air tanpa terkecuali. Adapun niatnya yaitu,

Nawaitul ghsula liraf’il hadasil akbari lillahi ta’ala.

5. Mengunjungi orang soleh

Pada bulan Muharam, kita dianjurkan mengunjungi orang-orang alim, yaitu ulama-ulama berilmu untuk dimintai doa dan petunjuk. Dan lebih disarankan lagi ikut serta dalam majelis taklim atau zikir agar kecintaan kita kepada Allah semakin bertambah.

6. Menengok orang sakit

Menengok orang sakit juga merupakan salah satu amaliah yang sangat mulia. Di dalam sebuah hadis dijelaskan,

Barangsiapa yang menjenguk orang sakit, maka ia akan masuk ke dalam rahmat Allah, ia akan merasa puas dengan rahmat tersebut. Sedangkan apabila ia keluar darinya, ia akan senantiasa ada dalam rahmat itu sampai ia pulang ke rumahnya. (HR. Bukhari)

7. Mengusap kepala anak yatim

Menurut Habib Syaikh bin Abdul Qadir Assegaf  Solo, arti “mengusap kepala anak yatim” yang paling sempurna adalah mendidik mereka sampai berdaya, bukan sekedar santunan insidental.

8. Bercelak

Bercelak adalah salah satu anjuran di bulan Asyura. Insya Allah, atas izin Allah, bercelak dengan meniatkan diri untuk beribadah kepada Allah dan takzim dengan bulan mulia akan menjauhkan kita dari segala penyakit mata.

9. Memotong kuku

Anjuran ini juga penting untuk dilakukan, bahkan disunahkan pada setiap hari Jumat. Memotong kuku merupakan kesunahan dan merupakan bagian dari ikhtiar kita dalam menjaga kebersihan. Seperti yang lazimnya kita dengar, kebersihan adalah bagian dari iman.

10. Membaca surat Al-Ikhlas 1000 kali

Dalam sebuah hadis, Nabi Saw. bersabda, “Barangsiapa membaca Surat Al-Ikhlas sekali sampai ke rumahnya, maka ia akan dijauhkan dari kemiskinan.(Al-Hadis)

Selain itu, Surat Al-Ikhlas juga mampu menghapus dosa-dosa kecil yang sering seseorang perbuatan, serta menghapus dosa-dosa yang tanpa sengaja dilakukan.

11. Silaturahim

Silaturahim adalah anjuran yang tidak hanya dilakukan di hari Asyura. Tetapi melaksanakannya di hari Asyura akan memiliki keistimewaan yang berbeda. Sebab, bulan Muharam adalah bulan yang istimewa.

12. Berdoa pada tanggal 10 Asyura

Dan inilah yang paling penting yaitu berdoa pada tanggal 10 Asyura, atau bertepatan pada saat kita melaksanakan puasa Asyura. Doa ini memiliki banyak sekali keistimewaan yang tentunya tidak dapat kami sebutkan di sini.

Tetapi intinya, janganlah berdoa karena termotivasi untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, berdoalah semata-mata karena kita butuh Allah, dan kita butuh rahmat dan ridha-Nya.

Berikut doanya:

Demikianlah pembahasan singkat mengenai doa 10 Asyura beserta 12 amalan yang bisa dikerjakan di bulan Muharam. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam