Download Kitab Sulam Taufiq Arab dan Terjemahnya (PDF)

Daftar Isi

Download Kitab Sulam Taufiq Arab dan Terjemahnya (PDF)
Abusyuja.com – Sulam Taufiq merupakan salah satu kitab yang membahas mengenai nilai-nilai pendidikan tauhid. Di dalam kitab ini terdapat relevansi nilai-nilai tauhid terhadap pendidikan di Indonesia. Setidaknya ada tiga poin utama yang membuat kitab ini relevan dengan pendidikan di Indonesia dan sangat layak digunakan sebagai buku pembelajaran.

Pertama, terdapat relevansi tujuan pendidikan nasional yaitu pada sila pertama dengan mengawali penanaman tauhid pada setiap manusia dengan meyakini sifat-sifat Allah dan Rasul-Nya.

Kedua, terdapat relevansi antara kewajiban umat Islam menjaga agamanya dengan kewajiban peserta didik dalam menjaga norma-norma pendidikan untuk keberhasilan pendidikan.

Ketiga, terdapat relevansi antara perhatian guru kepada peserta didik tanpa adanya diskriminasi apapun.

Kitab ini dibentuk dengan format mukhtashar atau ringkasan yang isinya singkat dan jelas mengenai hukum-hukum tauhid dan fiqih. Dan sangat cocok digunakan untuk orang-orang yang ingin belajar agama tetapi memiliki banyak kesibukan.

Kitab ini juga sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa, dan ada juga yang versi tahqiqnya oleh beliau Sibthu al-Jilani dengan ketebalan 222 halaman.

Pengarang Kitab Sulam Taufiq


Kitab ini dikarang oleh Sayyid Abdullah bin al-Husain bin Thahir al-‘Alawi al-Hadhrami. Beliau adalah salah satu ulama yang masyhur sebagai ahli ilmu fiqih mazhab Syafii dan sekaligus ulama ahli Nahwu.

Beliau lahir di Tarim, Hadramaut, Yaman pada tahun 1991 Hijriah. Beliau menetap beberapa tahun di Makkah dan Madinah sembari belajar dengan ulama-ulama masyhur di sana.

Setelah kembali ke kampung halamannya, beliau mengabdikan diri untuk memberikan tausiah atau ceramah serta mengajarkan ilmu-ilmu agama kepada masyarakat, hingga akhirnya beliau menghembuskan nafas terakhir pada bulan Rabiulawal tahun 1272 Hijriah.

Isi Kitab Sulam Taufiq

Kitab Sulam Taufiq berisikan pembahasan dasar tentang nilai-nilai ilmu tauhid berdasarkan akidah Ahlussunnah Wal Jamaah. Di antara akidah-akidah dasar yang dijelaskan dalam kitab ini adalah, mengenal “siapa itu Allah?”, sifat-sifat Allah, Rukun Iman dan Islam, sifat-sifat Nabi, mukjizat Nabi, penyebab murtad, serta beberapa dalil yang membenarkannya.

Di dalam kitab Sulam Taufiq juga membahas mengenai fiqih salat dan bersuci, seperti 5 waktu salat maktubah, fardu wudu, salat, hal yang membatalkan salat, syarat diterimanya salat, syarat makmum, syarat salat Jumat, Syarat Makmum, syarat salat Jenazah, dan masih banyak lagi.

Di dalam kitab tersebut juga membahas beberapa kajian tematik lain, seperti fiqih zakat, fiqih puasa, fiqih haji, fiqih muamalah, tasawuf, maksiat, cara bertaubat, dan masih banyak lagi.

Di kalangan pesantren, kitab ini dikenal dengan nama Kitab Sulam Taufiq. Padahal kitab ini sebenarnya memiliki nama lengkap Sullamu At-Taufiq Ila Mahabbatillah ‘Ala At-Tahqiq. Dari rangkaian nama itulah tersusun makna, "Tangga (untuk memperoleh) pertolongan (Allah) menuju cinta-Nya secara pasti.".

Dengan keindahan penamaan tersebut, penulis berharap siapapun yang mengamalkan kandungan kitab ini dengan baik, maka amaliah orang tersebut akan mengantarkannya pada cinta Allah tanpa adanya keraguan lagi.

Download Kitab Sulam Taufiq PDF

Sesuai judul di atas, kami akan membagikan kitab Sulam Taufiq ini secara gratis untuk Anda semua. Berikut link donwloadnya:

Demikianlah pembahasan singkat mengenai kitab Sulam Taufiq lengkap dengan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam