Wirid Penangkal Santet, Sihir, atau Ilmu Hitam

Daftar Isi

Wirid Penangkal Santet, Sihir, atau Ilmu Hitam
Abusyuja.com – Sebelum ke pembahasan utama, kami akan jelaskan terlebih dulu apa itu sihir, santet, dan ilmu hitam lengkap dengan hukumnya apabila dipandang dari perspektif hukum Islam.

Pengertian Sihir, Santet, dan Ilmu Hitam

Sihir merupakan sistem konseptual seseorang untuk mengendalikan alam supernatural, baik terhadap kejadian, fenomena fisik, orang, ataupun objek-objek lainnya.

Adapun santet adalah upaya seseorang untuk mencelakai, merugikan, atau melukai seseorang dari jarak jauh dengan menggunakan ilmu hitam.

Sedangkan ilmu hitam sendiri adalah ilmu yang disandarkan kepada selain Allah, ilmu yang melibatkan makhluk astral sebagai pihak ketiga, atau ilmu yang tidak rasional bagi ilmu pengetahuan.

Meskipun perbuatan-perbuatan tersebut dilarang, tetapi masih banyak kita temukan orang-orang yang memilih untuk melakukan praktik tersebut agar mendapatkan keadaan yang sesuai dengan apa yang ia harapkan.

Seperti seseorang yang ingin tokonya laris misalnya. Ada yang rela memakai pelaris, sihir, jimat, atau melakukan ritual-ritual khusus agar pelanggannya ramai dan terus berdatangan.

Ada juga yang menanam pelet dalam tubuhnya demi meluluhkan hati pujaan hati yang mustahil untuk didapatkan, meminta bantuan makhluk-makhluk astral untuk mencuri uang di rumah-rumah orang kaya, dan masih banyak lagi.

Hukum Santet, Sihir, dan Ilmu hitam Dalam Islam

Bagaimana hukum santet, sihir, dan ilmu hitam? Apakah hanya sebatas dosa besar saja atau mungkin sudah masuk ke ranah kekufuran?

Mengenai hukum santet, sihir, dan ilmu hitam, terjadi khilafiah dari beberapa pendapat ulama.

Pendapat pertama mengatakan bahwa hukum santet, sihir, dan ilmu hitam adalah menjadikan seseorang kafir. Ini adalah pendapat mayoritas ulama, seperti Imam Hanafi, Imam Malik, dan Imam Ahmad.

Dalil yang menjadi rujukan adalah dalam QS. Al-Baqarah,

“Pada Sulaiman tidaklah kafir (tidak melakukan sihir), hanya setan-setanlah yang kafir (melakukan sihir). Mereka melakukan sihir kepada manusia.” (QS. Al-Baqarah: 102)

Pendapat kedua mengatakan bahwa hukum santet, sihir, dan ilmu hitam adalah dosa besar. Hal ini didasarkan pada hadis riwayat Abdurrazaq, al-Baihaqi, dan Ibnu Hazm dengan sanad Sahih.

Wirid Penangkal Santet, Sihir, dan Ilmu Hitam

Perbuatan sihir, santet, dan ilmu hitam tentu sangat dibenci oleh Allah, karena hal itu sama saja menyekutukan Allah. Lantas bagaimana cara kita menangkal dan menghilangkan santet atau gangguan-gangguan sihir?

Berikut adalah wirid zikir untuk menangkal santet, sihir, atau ilmu hitam yang diajarkan oleh salah satu ulama kita, yaitu Almarhum Syaikh Ali Jaber. Tetapi sebelumnya, persiapkan dulu segelas air yang sudah diberi garam kemudian bacakan air tersebut doa-doa di bawah ini:

  • Alfatihah 7 kali
  • Awal surah Al-Baqarah ayat 1 sampai ayat 5
  • Ayat kursi 7 kali
  • Tiga ayat terakhir surah Al-Baqarah
  • Surah Al-Ikhlas 3 kali
  • Surah Al-Falaq 3 kali
  • Surah An-Nas 3 kali

Setelah membacakan wirid di atas, tiuplah air tersebut sebanyak 3 kali kemudian diminumkan kepada orang yang terkena sihir atau gangguan-gangguan lainnya.

Menurut Almarhum Syaikh Akli Jaber (semoga Allah menerima amal ibadah beliau), wirid di atas hukumnya boleh karena tidak ada unsur syirik di dalamnya. Namun kita juga harus meyakini bahwa dampak apapun yang akan terjadi itu semata-mata karena qudrah dari Allah Swt. melalui wasilah dari air yang sudah dibacakan wirid tersebut.

Doa Paling Ampuh Untuk Menangkal Sihir, Santet, dan Ilmu Hitam

Di dalam Al-Qur’an, terdapat Surat Mu'awwidzatain yang memiliki banyak sekali manfaat. Surat Mu'awwidzatain adalah surat yang memiliki kedudukan tertinggi di antara surat-surat lainnya. Surat Mu'awwidzatain terdiri dari Surat Al-Ikhlas, Surat An-Nas, dan Surat Al-Falaq.

Rasulullah Saw. pernah bersabda,

“Barangsiapa yang membaca (Surat Mu'awwidzatain) sebelum tidur, maka ia dalam penjagaan Allah hingga subuh. Surat ini akan menjadi pelindung dari segala penyakit, rasa sakit dan bahaya, ia menjadi obat bagi yang membacanya.” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 444)

Ash-Shidiq berkata, “Barangsiapa yang membacanya setiap malam di dalam rumahnya, maka ia aman dari jin dan gangguannya. Dan barangsiapa yang menulisnya dan mengalungkannya kepada anak-anak kecil, maka mereka terlindungi dari jin, dengan izin Allah.” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 444)

Itulah wirid dan doa untuk menangkal sihir, santet, dan ilmu hitam. Semoga Allah melindungi kita semua dari gangguan-gangguan santet, sihir, dan ilmu hitam, amin.