Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kewajiban Manusia Terhadap Allah Swt.

5 Kewajiban Manusia Terhadap Allah Swt.
Abusyuja.com - Sesuai judul di atas, kami ingin menjelaskan mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan kewajiban manusia kepada Tuhannya.

Akan tetapi, sebelum ke pembahasan utama, kita pahami dulu apa itu kewajiban. Secara garis besar, kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan, tanggungan yang harus dilaksanakan, serta hutang yang harus dibayarkan.

Di dalam perspektif Islam, kewajiban adalah segala hal yang wajib dikerjakan. Apabila tidak, maka ia akan berdosa. Contoh, kewajiban ibadah salat maktubah (salat lima waktu), kewajiban membayar zakat, kewajiban haji bagi yang mampu, dan lain sebagainya.

Tidak hanya sebatas itu, kewajiban juga memiliki arti yang lebih luas. Kita sebagai manusia telah diberi kenikmatan dan rahmat berupa alam semesta beserta isinya, maka dari itu, kewajiban kita adalah menjaga alam semesta ini,  merawatnya, serta melindunginya dari orang-orang yang ingin merusaknya.

Ketika Allah memberikan kita kehidupan yang layak, kenikmatan yang tak ternilai, serta bermacam-macam rahmat dan karunia yang selama ini kita nikmati, maka sudah sewajibnya kita sebagai manusia melaksanakan kewajiban-kewajiban yang diperintahkan oleh-Nya.

Adapun kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan manusia kepada Tuhannya adalah sebagai berikut:

1. Mengenal Allah Swt.

Mengenal Allah Artinya kita mengenal semua sifat Allah meskipun kita tidak mampu melihat Zat-Nya secara langsung. Setidaknya kita bisa mempelajari atau mengenal sifat-sifat -Nya. Di dalam Al-Qur’an terdapat 99 asma Allah yang mencerminkan sifat-Nya (Asmaul Husna).

Selain dengan mempelajari sifat-sifat-Nya, kita juga bisa mempelajari kekuasaan-Nya melalui beberapa visual yang selama ini kita nikmati,  seperti keindahan alam semesta beserta fenomena alam yang ada di dalamnya.

2. Beribadah kepada Allah Swt.

Sebagaimana perintah-Nya dalam surat Al-Baqarah ayat 21, setiap manusia diwajibkan beribadah kepada Tuhannya. Dengan beribadah, seseorang akan bisa dekat dengan-Nya.

Pada hakikatnya, Allah itu dekat dengan manusia, tetapi banyak yang tidak menyadarinya. Oleh sebab itu, ketika seseorang ingin memiliki kedekatan dan ketenangan kepada-Nya, maka jawabannya adalah beribadahlah kepada-Nya, bukan karena kewajiban, melainkan karena kebutuhan.

Seseorang diwajibkan beribadah, baik yang diwajibkan seperti salat dan zakat, maupun yang disunahkan seperti sedekah dan membaca Al-Qur’an.

3. Menaati perintah Allah Swt.

Sebagaimana perintah Allah dalam Qur’an Surat Ali-Imran ayat 132, seseorang hendaklah menaati perintah Allah dan perintah rasul-Nya supaya mendapatkan Rahmat.

Rahmat adalah kasih sayang Allah sebagai sang pencipta kepada manusia sebagai makhluk ciptaan-Nya. Tanpa Rahmat Allah, seseorang tidak mungkin masuk surga.

Menaati perintah Allah artinya seseorang haruslah melaksanakan amaliah sesuai dengan perintah-Nya, baik yang berhubungan dengan Allah maupun dengan sesama manusia.

4. Bersyukur

Udara yang kita hirup sampai detik ini, kesehatan, kenyamanan, sampai kesejukan atap rumah yang kita huni, adalah bentuk karunia Allah. Segala kenikmatan yang tidak kita sadari pun juga bentuk dari karunia Allah.

Maka, sudah sewajibnya bagi kita untuk selalu bersyukur atas seluruh kenikmatan tersebut. Dengan bersyukur, seseorang akan mendapatkan keberkahan dalam hidupnya, kenikmatannya akan ditambah, serta dijauhkan dari sifat-sifat negatif seperti iri dan dengki.

Dan yang paling mulia adalah, ketika seseorang selalu bersyukur  kepada Allah atas rahmat dan nikmat yang selama ini ia miliki, maka Allah akan menjanjikan surga untuknya.

5. Mengagungkan dan berbakti kepada Allah Swt.

Berbakti kepada Allah artinya seseorang hendaklah selalu melaksanakan hal-hal yang diwajibkan serta meninggalkan hal-hal yang diharamkan.

Memang tidak ada jaminan seseorang akan selalu melakukan hal-hal baik. Pasti ada satu titik di mana manusia akan berbuat khilaf atau kesalahan.

Seseorang harus selalu berpikir positif bahwa Allah akan mengampuni segala dosanya jika ia bertaubat dan menyesali perbuatannya. Sebab, Allah adalah Zat Maha Pengampun.

Itulah 5 kewajiban manusia terhadap Allah Swt. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam