Download Terjemah Kitab Ummul Barahin (Tauhid Sanusiyah)

Daftar Isi

Download Terjemah Kitab Ummul Barahin (Tauhid Sanusiyah)
Abusyuja.com – Kitab Ummul Barahin merupakan salah satu kitab tauhid (akidah)paling populer di kalangan pesantren. Kitab Ummul Barahin ini  memiliki nama lain, seperti kitab Aqidah Sanusiyah atau Tauhid Sanusiyah.

Ilmu tauhid sendiri dipelopori oleh Abu Hasan Al-Asy’ari dan Abu Mansur Al-Maturidi. Beliau adalah ulama mazhab Ahlussunnah Wal jamaah di bidang Aqidah. Sedangkan dalam bidang fiqih, kita menganut pada salah satu empat mazhab (Hanafi, Maliki, Syafii, dan Hambali).

Kitab Ummul Barahin ini tentunya sangat cocok dipelajari oleh orang-orang yang ingin belajar ilmu tauhid dasar. Adapun hukum mempelajari ilmu tauhid adalah wajib ‘ain (wajib yang dibebankan kepada setiap mukalaf), baik laki-laki maupun perempuan.

Sekilas tentang pengarang

Pengarang kitab Ummul Barahin adalah Abu Abdillah Muhammad bin Yusuf Al-Sanusi Al-Hasan. Salah seorang mahasiswa Megister di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir yang meneliti karya-karya beliau menuturkan bahwa beliau adalah salah satu ulama yang belum pernah mendongakkan kepalanya ke langit (atas) karena takut dan malu kepada Allah. Hal ini mencerminkan kesucian dan kerendahan hati beliau (wira’i).

Ketika beliau berusia 19 tahun, beliau menghasilkan karya Al-Muqarrab al-Mustawfi fi Syarhi Fara’ide al-Hufi. Akan tetapi karya tersebut batal dipublikasikan atas arahan gurunya. “Aku berharap kamu mau bersabar untuk mempublikasikan karya ini hingga umurmu 30-han,” kata gurunya.

Dengan mata hati, guru tersebut berniat menjaga potensi sifat ujub (bangga) yang akan timbul dari popularitas yang akan diterima Sanusi Muda apabila karya fenomenal tersebut tergesa-gesa untuk dipublikasikan. Artinya, beliau (gurunya) menilai bahwa karya tersebut bukanlah karya sembarangan.

Beberapa hal yang paling masyhur dari prinsip beliau adalah menentang budaya memukul anak kecil di pengajian Al-Qur’an (budaya yang berlaku di kawasan barat Islam). Beliau juga paling lantang mengajak umat Islam untuk bersedekah, khususnya di musim paceklik. Oleh karena itulah beliau tidak menyimpan kelebihan rezeki.

Beliau wafat di Tilmisan dalam keadaan memegang tasbih pada hari Ahad, 18 Jumadilakhir tahun 895 Hijriah dalam usia 56 tahun. Sementara tahun kelahirannya masih diperselisihkan.

Selain karya fenomenal Ummul Barahin, beliau juga memiliki segudang karya lain, seperti trilogi Aqidah Sugra, Wusta, dan Kubra, Tafsir Asmaul Husna, dan masih banyak lagi. Sedangkan dalam bidang Faraid (ilmu waris), beliau menulis Al-Muqarrab al-Mustawfi fi Syarhi Fara’ide al-Hufi. Jika ditotal, beliau telah melahirkan kira-kira 40 judul kitab.

Sekilas tentang isi kitab Ummul Barahin

Di dalam kitab Ummul Barahin terdapat beberapa ilmu dasar akidah, seperti hukum aqli, sifat wajib Allah (Nafsiyah, Salbiyah, Ma’ani, dan Ma’nawiyah), sifat mustahil Allah, sifat jaiz Allah, lengkap dengan dalilnya.

Di dalam kitab Ummul Barahin juga terdapat pembahasan sifat wajib, jaiz, dan mustahil bagi Rasul. Dan tak luput pula pembahasan mengenai syahadat (syarat sah syahadat untuk masuk Islam), cara masuk Islam menurut mazhab Maliki, dan makna syahadat tauhid dan syahadat Rasul.

Download Terjemah Kitab Ummul Barahin

Sesuai judul di atas, kami akan membagikan kitab terjemah Ummul Barahin versi PDF. Berikut link downloadnya:

Demikian pembahasan singkat mengenai Kitab Ummul Barahin lengkap dengan biografi singkat pengarang dan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam