Pengertian Sifat Raja' Dalam Islam

Daftar Isi

Pengertian Sifat Raja' Dalam Islam
Abusyuja.com – Raja' merupakan salah satu sifat yang mulia, sifat terpuji atau akhlakul Mahmudah dalam Islam, atau sifat mental seorang hamba yang selalu mengharap ridho dan rahmat Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Raja' mengakar pada kata raja'a yang secara harfiah memiliki arti berharap atau harapan 

Dalam kitab Al Hikam, Raja' merupakan salah satu kehendak yang harus diikuti dengan amal perbuatan, karena apabila tidak demikian, maka hal tersebut hanya sebuah angan-angan belaka.

Raja' akan memberikan daya hidup bagi seorang hamba dengan memiliki keinginan positif untuk melaksanakan suatu ibadah khusus atau ibadah umum.

Raja' sendiri sebagai daya dorong dalam berkhidmat kepada Allah agar mencapai derajat yang Muttaqin. Kehendak yang kuat dalam menaati Allah akan mendorongnya agar selalu rajin dan tekun dalam mengamalkan seluruh ibadah yang mampu ia laksanakan.

Raja sendiri adalah sifat yang menghiasi hamba Allah ketika melakukan ibadah, ia berharap agar mampu melaksanakan sesuatu dengan tuntunan nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dan berharap agar amal ibadahnya diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Mengharap ibadah diterima oleh Allah haruslah dibuktikan dengan usaha dan amal. Berusaha agar ibadah yang diterima sudah sesuai dan benar dengan ketentuan sunnah Nabi Shallallahu alaihi salam,  baik dalam niatnya maupun dalam praktiknya.

Kunci agar mendapatkan sifat ini adalah rajin dan disiplin mengerjakan ibadah sesuai dengan sunnah Nabi. Apabila suatu amalan dan ibadah bertolak belakang atau sama sekali bertentangan dengan sunnah Nabi (berdasarkan Al-Qur'an dan hadis), maka amal ibadah seperti ini selain tidak memenuhi harapan, lebih dari itu tertolak sama sekali.

Salah satu contoh perilaku Raja' adalah senantiasa mengharapkan pengampunan dari Allah, senantiasa mengharapkan pahala dan kemuliaan dari Allah (bukan manusia), mengharapkan kebahagiaan dunia dan akhirat, serta senantiasa mengharap rahmat dan ridho Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Pada umumnya, setiap harapkan haruslah dibekali dengan ikhtiar yang sesuai agar apa yang diharapkan tercapai. Kalau seseorang hanya mengharap belaka tanpa disertai dengan usaha atau ikhtiar, maka sama saja omong kosong.

Kesimpulannya, ketika seseorang ingin mendapatkan sifat Raja' atau ingin selalu mendapatkan rahmat dan ridho Allah Subhanahu Wa Ta'ala, maka ia harus rajin dan disiplin dalam mengerjakan ibadah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, baik yang telah ditetapkan dalam Al-Qur'an maupun hadis.

Itulah penjelasan singkat mengenai Roja lengkap dengan contohnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A'lam.