10 Rahasia Pelajar Sukses Menurut Islam

Daftar Isi

10 Syarat Murid Dinilai Sukses Dalam Islam
Abusyuja.com – Murid atau pelajar adalah seorang yang sedang menuntut ilmu. Menuntut ilmu menjadi kewajiban bagi setiap orang, disebabkan karena hal tersebut merupakan bentuk kemajuan dan kesempurnaan dalam hidupnya.

Kunci kebahagiaan adalah ilmu, begitu juga dengan kebahagiaan akhirat. Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang berilmu, bilamana ilmu tersebut memberi manfaat, bukan ilmu yang membawa laknat.

Berikut syarat-syarat agar seorang murid atau pelajar dinilai sukses dalam kacamata Islam:

1. Menuntut ilmu dengan niat yang baik

Rasulullah Saw. bersabda:

Barangsiapa yang dikehendaki oleh Allah menjadi baik, niscaya Allah akan menanamkan orang tersebut tentang agama-Nya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Seorang murid yang baik akan memiliki niat yang baik pula dalam mencari ilmu, bukan mencari gelar agar dapat dibanggakan, mencari pujian dengan kecerdasannya, dan lain sebagainya.

2. Bersungguh-sungguh

Arti dari bersungguh-sungguh adalah seseorang tidak melakukan hal yang sia-sia atau tidak berguna. Artinya, ia melakukan kegiatan belajar efektif sembari meninggalkan hal-hal yang dinilai kurang penting untuk dikerjakan. Orang yang bersungguh-sungguh harus fokus terhadap apa yang hendak dicapai, serta meninggalkan hal-hal yang tidak sejalan dengan tujuannya.

Misal, belajar dengan fokus akan jauh lebih baik dibandingkan belajar sembari bermain HP.

Rasulullah Saw. pernah bersabda:

Setengah dari kebaikan keislaman seseorang adalah meninggalkan sesuatu yang tidak berguna baginya.” (HR. Turmudzi)

3. Taat dan hormat kepada guru

Pelajar yang baik adalah Pelajar yang taat dan hormat kepada gurunya. Di dalam Islam, orang yang mengajari satu huruf pun wajib hukumnya dihormati. Sebab, di dalam taat dan hormat terdapat kesakralan yang berujung berkah. Dan setiap orang yang memberi wawasan baru wajib dianggap guru.

Orang bodoh yang menghormati gurunya akan jauh lebih baik dibandingkan orang pintar yang meremehkan gurunya. Keberkahan yang mereka dapat pun juga akan berbeda.

4. Tidak berbangga diri

Pelajar yang baik haruslah tidak berbangga diri terhadap ilmu atau pemahaman yang ia dapatkan. Sebab, Pelajar yang baik akan selalu haus akan ilmu. Ia menyadari bahwa ilmu Allah mutlak lebih luas dibandingkan dengan setitik ilmu yang ia miliki.

5. Tidak menilai sebelum mengetahui kebenarannya

Pelajar yang baik tidak mudah menilai ketika dihadapkan pada masalah yang tabu kebenarannya. Ia akan terus mencari tahu sampai ia menemukan jawaban yang sebenar-benarnya.

6. Selalu haus akan ilmu

Meskipun sudah dinilai alim (pintar), Pelajar yang baik akan terus dan terus mencari ilmu. Ia tidak akan pernah puas mencari ilmu sampai akhir hayatnya, karena ilmu tidak dibatasi dengan umur atau apapun.

7. Sopan dalam bergaul

Seorang Pelajar yang baik, akan mencerminkan akhlak baiknya di mata masyarakat. Sebab, akhlak yang baik adalah cerminan orang berpendidikan. Sedangkan kesombongan orang pintar merupakan tanda kebodohan yang ia tampakkan sendiri.

8. Merendah diri dan menghargai ilmu

Murid yang baik dan sukses, adalah mereka yang selalu merendah diri, menghargai setiap ilmu pengetahuan, serta menghargai setiap orang yang memiliki ilmu pengetahuan.

9. Sopan dalam belajar

Pelajar yang baik, adalah mereka yang selalu menjaga etika dalam belajar. Mulai dari menghormati guru, merawat kitab atau buku yang ia miliki, menghormati tempat belajar, dan lain sebagainya.

10. Jujur dan bercita-cita tinggi

Salah satu cita-cita terbaik di dalam Islam adalah memperbaiki lingkungan masyarakat di sekitarnya. Orang yang berilmu (alim), haru memiliki andil dalam memperbaiki masyarakatnya.

Seperti perkataan ulama dahulu, orang yang berpendidikan atau alim haruslah menjadi “paku” untuk rumah.

Paku adalah komponen paling penting dalam membuat rumah. Sebab, ia berperan agar dapat menyatukan berbagai material, seperti fondasi kayu, jendela, pintu, dan lain-lain (seperti bermacam-macamnya lapisan masyarakat), agar bersatu menjadi satu kesatuan rumah yang indah.

Itulah 10 syarat agar seorang Pelajar dipandang sukses dalam kacamata Islam. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam