Download Kitab Al-Hikam Terjemah Indonesia, Arab, Inggris PDF

Daftar Isi

Download Kitab Al-Hikam Terjemah Indonesia, Arab, Inggris PDF
Abusyuja.com – Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan terjemah kitab Al-Hikam karya dari Ibnu Atha'illah as-Sakandari versi PDF-nya, baik versi bahasa Arab, Indonesia, dan Bahasa Inggris  Tetapi sebelumnya, kami akan mengulas sedikit mengenai profil pengarang dan substansi singkat dari kandungan kitab Al-Hikam. Berikut penjelasannya:

Sekilas tentang pengarang kitab Al-Hikam

Kitab Al-Hikam dikarang oleh Ibnu Atha'illah as-Sakandari. Beliau lahir di Iskandariah Mesir pada tahun 648 Hijriah atau 1250 Masehi, dan menutup usia di Kairo Mesir pada tahun 1309 Masehi. Ibnu Atha'illah as-Sakandari merupakan sosok ulama masyhur sebagai tokoh tarekat Syadziliyah terkemuka di dunia maupun di Indonesia.

Ibnu Atha'illah as-Sakandari memiliki semangat belajar tinggi sejak kecil. Beliau menimba ilmu di beberapa ulama terkemuka, salah satunya yaitu Abu al-Abbas Ahmad ibnu Ali al-Anshari al-Mursi, murid langsung dari Abu al-Hasan al-Syadzili, pendiri tarekat Syadziliyah.

Dalam bidang fiqih, beliau penganut mazhab Maliki, sedangkan dalam bidang tasawuf, beliau pengikut aliran Syadziliyah. Beliau juga termasuk ulama yang sangat produktif. Ada puluhan karya yang pernah beliau tulis, baik dalam bidang tasawuf, tafsir, akidah, hadis, ushul fiqih, nahwu, dan lain sebagainya.

Dan salah satu karya paling fenomenal adalah kitab Al-Hikam yang disebut-sebut sebagai magnum opusnya serta menjadi salah satu kitab tasawuf  paling masyhur di seluruh dunia. Bahkan kitab ini sudah beberapa kali disyarahi oleh ulama-ulama terkemuka, seperti Muhammad bin Ibrahim ibn Ibad, Syaikh Ahmad Zarruq, dan Ahmad ibn ‘Ajiba.

Sekilas tentang kitab Al-Hikam

Kitab Al-Hikam merupakan karya utama dari Ibnu Atha'illah as-Sakandari sekaligus menjadi ciri khas pemikiran beliau. Kitab ini sangat masyhur di dunia keilmuan Islam selama berabad-abad, bahkan sampai hari ini masih digunakan di pondok-pondok pesantren Nusantara, khususnya dalam bidang tasawuf.

Selain sebagai bahan acuan dalam bidang tasawuf di seluruh pelosok Nusantara, kitab ini sangat layak dibaca oleh orang dewasa maupun yang sudah tua. Sebab, bahasa yang digunakan sangat indah dan mendalam. Racikan kajian yang indah membuat seseorang terdorong untuk menekuni urusan ukhrawi, dan menyederhanakan kerumitan duniawi.


Di dalamnya terdapat beberapa bab yang membahas tentang ilmu tasawuf sebagai bahan perenungan diri. Seperti apa akibatnya apabila kita menunda amal baik, menjauhi maksiat, cahaya hati, serta menjelaskan tanda-tanda amal yang tidak diterima oleh Allah Swt.

Di dalam kitab Al-Hikam juga membahas tentang perintah malu saat dipuji seseorang, cara mengenal Allah, tutur kata yang bijak, manfaat salat, tujuan syariah, tujuan zikir, dan tentang rezeki yang telah ditetapkan oleh Allah Swt.

Untuk penjelasan lengkapnya mengenai kitab Al-Hikam, Anda bisa mengunduh versi PDF-nya melalui link di bahwa ini:

Download Kitab Syarah Al-Hikam PDF

Berikut kami bagikan link download kitab terjemah Al-Hikam dengan format PDF, baik dalam bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab. Kami sertakan pula Al-Hikam yang disyarahi oleh Sayid Ramadan al-Buti dan Al-Hikam yang disyarahi oleh al-Athaiyah Abdul Majid.


Demikianlah pembahasan singkat mengenai profil pengarang Kitab Al-Hikam lengkap dengan link download kitabnya versi PDF. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam