Doa Aqiqah Singkat Sesuai Sunnah Arab, Latin, dan Terjemah

Daftar Isi

Abusyuja.com – Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang doa aqiqah singkat sesuai sunnah, baik tulisan arab, latin, maupun terjemah. Namun kami akan sedikit membahas tentang apa itu aqiqah dalam kacamata Islam. Berikut penjelasannya:

Secara garis besar, aqiqah adalah pengorbanan hewan yang disunnahkan dalam syariat Islam, hal ini ditujukan sebagai ungkapan rasa syukur seseorang kepada Allah Swt. karena telah dikaruniai seorang bayi.

Secara sederhana, aqiqah adalah bentuk ungkapan syukur kita karena telah dikaruniai buah hati. Menurut jumhur ulama, hukum aqiqah sendiri sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam, khususnya bagi mereka yang mampu.

Sebelum berlanjut ke doa aqiqah, berikut ketentuan-ketentuan aqiqah yang sebaiknya perlu Anda ketahui:

Untuk anak laki-laki dianjurkan menggunakan 2 ekor kambing, sedangkan anak perempuan 1 ekor kambing. Akan tetapi, hukum aqiqah anak laki-laki dengan 1 kambing tetap diperbolehkan, karena ketentuan 2 ekor kambing bukanlah syarat mutlak. 

Sebagaimana sabda Aisyah Ra. di dalam kitab Busyral al-Karim, Juz 2: 303 yang berbunyi:

Kesunahan aqiqah anak laki-laki bisa dihasilkan cukup dengan satu kambing, atau dengan sepertujuh daging unta atau sapi.(Busyral al-Karim, Juz 2: 303)

Untuk aqiqah sendiri diutamakan menggunakan kambing jantan, tetapi tetap diperbolehkan menggunakan kambing betina. (Sumber: Al-Iqna’, Juz 2: 305)

Aqiqah lebih utama ketika anak masih kecil (belum balig), dan biaya aqiqah dibebankan kepada orang tuanya. Sedangkan ketika anak sudah dewasa, orang tua tidak disunnahkan lagi meng-aqiqahi anaknya, justru anaknya sendiri yang disunnahkan meng-aqiqahi dirinya sendiri. (Busyral al-Karim, Juz 2: 129)

Aqiqah boleh menggunakan cara pesanan. Adapun alasannya bisa Anda baca di sini: Hukum Aqiqah Dengan Cara Pesanan

Aqiqah tidak boleh hannya dengan membeli daging. Adapun alasannya bisa Anda baca di sini: Hukum Aqiqah Dengan Cara Membeli Daging

Doa Aqiqah Singkat Sesuai Sunnah Nabi

Berikut adalah doa Aqiqah Singkat Sesuai Sunnah Nabi yang bisa dibaca oleh para orang tua yang sedang meng-aqiqahi anaknya:

Doa Aqiqah Singkat Sesuai Sunnah Arab, Latin, dan Terjemah

Latin: 

Bisnillahir Rahmaanir Rahiim, Allahumma rabbi inni haadzihil ‘aqiiqata (sebut anaknya  ‘bin’ sebut nama bapaknya, misal Fulan bin Ahmad), damuhaa bi damihi, wa lahmuhaa bi lahmihii, wa ‘adzmuhaa bi ’adzmihii, wa jilduhaa bi jildihii, wa sya’ruhaa bi sya’rihii. Allahummaj ‘al haa fidaa-an (sebut anaknya  ‘bin’ sebut nama bapaknya, misal Fulan bin Ahmad) minan naar.

Artinya:

Dengan menyebut Asma Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Ya Allah, Wahai Tuhanku, aqiqah ini untuk (sebut anaknya  ‘bin’ sebut nama bapaknya, misal Fulan bin Ahmad), di mana darah hewan aqiqah ini adalah untuk menebus darah dari sang anak, daging dari hewan ini untuk menebus daging dari sang anak, tulang dari hewan ini untuk menebus tulang dari sang anak, kulit dari hewan ini untuk menebus kulit sang anak, rambut dari hewan ini untuk menebus rambut dari sang anak. Ya Allah, semoga engkau jadikan aqiqah ini sebagai tebusan untuk (sebut namanya ‘bin’ sebut nama bapaknya) agar terhindar dari neraka.

Itulah doa singkat aqiqah lengkap dengan tulisan arab, latin, dan artinya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam