Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Terjemah Kitab Ta’lim Muta’allim PDF

Download Terjemah Kitab Ta’lim Muta’allim PDF
Abusyuja.com – Kitab Ta’lim Muta’allim merupakan salah satu kitab yang menghimpun tuntunan belajar paling masyhur. Kitab ini sudah menjadi pegangan wajib pesantren di seluruh pelosok negeri.

Sebab, pesantren merupakan garda terdepan dalam memasukkan pelajaran etika dan tata cara menuntut ilmu. Hal ini dilakukan supaya para santri dapat memahami akhlak terpuji dan tata cara menuntut ilmu yang benar, agar ilmu yang mereka dapatkan bermanfaat saat mengabdi di masyarakat.

Sebelum ke pembahasan utama, berikut penulis paparkan secara singkat mengenai biografi pengarang kitab Ta’lim Muta’allim.

Sekilas Tentang Pengarang Kitab Ta’lim Muta’allim

Kitab Ta’lim Muta’allim ditulis atau dikarang oleh Syekh Az-Zarnuji. Nama lengkap beliau adalah syekh Tajuddin Nu'man bin Ibrahim bin al-Khalil al-Zarnuji.


Beliau lahir dan tinggal di Zarnuj, sebuah kota terkenal di luar sungai Oxus di Wilayah Turkistan (sekarang Kazakhstan).

Beliau diperkirakan lahir pada tahun 570 Hijriah. Sedangkan tentang wafatnya terdapat perbedaan, ada yang mengatakan tahun 620 Hijriah di Bukhara, ada juga yang mengatakan sekitar abad ke-7.

Beliau menuntut ilmu di Bukara dan Sar khan, yaitu kota yang masyhur menjadi kota pusat kegiatan keilmuan. Pemikiran beliau banyak dipengaruhi oleh fiqih mazhab Hanafiah.

Di antara guru beliau adalah Imam Fakhr al-Islam al-Hasan bin Mansyural-Farghani Kadikhan (w. 592 H/ 1196 H), Imam Rukn al-Din Muhammad bin Abi Bakr, Imam Khwarzade (491-576 H), Imam Rukn al-Din Muhammad bin Abi Bakr, Imam Khwarzade (491-576 H), Imam Rukn al-Din Muhammad bin Abi Bakr, Imam Khwarzade (491-576 H), dan masih banyak lagi.

Selain dalam bidang tasawuf, Syekh Az-Zarnuji juga ahli dalam bidang sastra, fiqih, ilmu kalam, dan lain-lain. Syekh Az-Zarnuji hidup pada masa keempat dari periode pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam.

Sekilas Tentang Kitab Ta’lim Muta’allim

Kitab Ta’lim Muta’allim merupakan kitab klasik yang membahas mengenai tuntunan dalam menuntut ilmu. Kitab ini terbagi menjadi 13 Pasal. Berikut penjelasannya:

Pada Pasal 1 menjelaskan tentang pengertian ilmu dan fiqih lengkap dengan keutamaannya. Kemudian membahas tentang kewajiban Belajar, keutamaan Ilmu, keutamaan belajar Ilmu Akhlak, serta penjelasan ilmu yang dihukumi fardu kifayah dan haram untuk dipelajari.

Pada Pasal 2 menjelaskan tentang waktu belajar, niat belajar, niat baik dan buruk, kenikmatan dan hikmah, pantangan orang yang berilmu, dan nasihat khusus untuk para santri.

Pada Pasal 3 menjelaskan tentang cara memilih ilmu, guru, teman, dan kerabat berilmu. Di dalamnya juga membahas tentang syarat-syarat memilih ilmu, guru, teman, bermusyawarah, serta sabar dan tabah dalam belajar.

Pada Pasal 4 menjelaskan tentang cara menggunakan ilmu, memanfaatkan guru, kitab, menghormati teman, larangan duduk terlalu dekat dengan guru, serta penjelasan akhlak tercela.

Pada Pasa 5 menjelaskan tentang kesungguhan, kontinuitas, menyantuni diri, cita-cita luhur, penyebab kemalasan, dan cara mengurangi makan.

Pada Pasal 6 menjelaskan tentang ukuran belajar dan tata tertib dalam belajar, hari yang baik untuk memulia belajar, kriteria panjang pendeknya pelajaran, membuat catatan, usaha memahami pelajaran, berdoa, menggali ilmu, penjelasan pembiayaan menuntut ilmu, bersyukur, mengukur kemampuan diri, metode menghafal, loba dan tamak, panik dan bingung, serta metode dalam belajar.

Pada Pasal 7 menjelaskan tentang pengaruh rezeki, pengaruh urusan duniawi, hidup dengan prihatin, serta memanfaatkan seluruh waktu untuk ilmu.

Pada Pasal 8 menjelaskan tentang masa-masa belajar dan saat-saat belajar.

Pada Pasal 9 menjelaskan tentang kasih sayang dan nasihat menghadapi kedengkian.

Pada Pasal 10 menjelaskan tentang cara mengambil pelajaran, momentum mengambil pelajaran, dan menyerap pelajaran dari para sesepuh.

Pada Pasal 11 menjelaskan tentang wira’i, keutamaan menghadap kiblat, perbuatan adab dan sunah.

Pada Pasal 12 menjelaskan tentang beberapa hal yang membuat hafalan mudah lupa, beberapa hal yang membuat hafalan jadi kuat, dan penyebab lupa.

Pada Pasal 13 menjelaskan tentang penyebab lancarnya rezeki dan memperpanjang usia, beberapa saran untuk belajar, hal yang dapat mendatangkan rezeki, serta yang mendatangkan kesehatan badan.

Download Kitab Ta’lim Muta’allim PDF

Berikut adalah link download Kitab Ta’lim Muta’allim PDF Indonesia, baik versi arab maupun terjemah:


Demikian pembahasan singkat mengenai Kitab Ta’lim Muta’allim PDF lengkap dengan biografi pengarang dan link downloadnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam