Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dahsyat! Inilah Doa Agar Dikabulkan Oleh Allah SWT

Dahsyat! Inilah Doa Agar Dikabulkan Oleh Allah SWT
Abusyuja.com – Setiap orang pasti pernah merasa atau berpikir, “Kenapa doaku tidak pernah dikabulkan oleh Allah?”, "Kenapa doaku tidak segera dikabulkan oleh Allah?"

Pikiran ini tentunya sangat umum dan sering kali terbesit di kepala kebanyakan orang, akan tetapi, jangan pernah goyah dengan pemikiran-pemikiran demikian, mengingat, ada kebenaran mutlak yang tidak boleh diragukan lagi bahwa Allah pasti mendengar doa-doa para hamba-Nya.

Di dalam QS. Al-Mu’min, Allah Swt. berfirman,

“...Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu....” (QS. Al-Mu’min: 60)

Sebagai seorang muslim, sudah seharusnya kita berikhtiar ketika memiliki hajat atau keinginan. Ikhtiar di sini dapat diartikan sebagai bentuk eksekusi seseorang dalam mencapai keinginannya atau hajatnya, sedangkan bentuk eksekusinya adalah dengan melakukan usaha (aksi) dan berdoa kepada Allah Swt.

Berikut adalah doa pilihan atau doa mustajab agar hajat atau keinginan kita cepat dikabulkan oleh Allah Swt.

Doa Agar Cepat Dikabulkan Oleh Allah Swt.

اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ وَنَتَوَسُّلُ اِلَيْكَ بِأَسْمَائِكَ الْحُسْنَى وَصِفَاتِكَ الْعُلْيَا وَمُعْجِزَاتِ اْلَانْبِيَاءِ وَكَرَمَاتِ الْاَوْلِيَاءِ وَبَرَكَاتِ الْعُلَمَاءِ الصَّالِحِيْنَ الْعَارِفِيْنَ وَبِئحَقِّ يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ يَااِلَهَنَا يَاِالَهَ كُلَّ شَيْئٍ اِلَهًا وَاحِدًا يَاذَاالْجَلَالِ وَالْأِكْرَامِ.

اَللَّهُمَّ يَامُيَسِّرَ كُلِّ عَسِيْرٍ وَيَاجَابِرَ كُلِّ كَسِيْرٍ وَيَامُقَوِّىَ كُلِّ ضَعِيْفٍ يَسِّرْلَنَا اُمُوْرَنَا فَاِنَّ تَيْسِيْرَ كُلِّ عَسِيْرٍعَلَيْكَ يَسِيْرٌ، يَامِنْ لَايَحْتَاجُ اِلَى الْبَيَانِ وَالتَّفْسِيْرِ حَاجَاتُنَا اِلَيْكَ كَثِيْرٌ وَاَنْتَ عَالِمٌ بِهَا وَبَصِيْرٌ، حَصِّلْ مَقَاصِدَنَا....(Sebutkan Hajatnya)

وَصَلَّىَ الله عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارَكَ وَسَلَّمَ.

Dalam Bentuk Gambar

Dahsyat! Inilah Doa Agar Dikabulkan Oleh Allah SWT

Selain berdoa, tentu harus ada beberapa usaha lain agar hajat atau doa kita dikabulkan oleh Allah Swt. Berikut kami paparkan secara singkat mengenai beberapa rahasia yang dapat dilakukan agar doa yang dipanjatkan segera dikabulkan atau diijabahi oleh Allah Swt.

7 Rahasia Agar Doa Kita Cepat Dikabulkan Oleh Allah Swt.

  1. Mencari waktu yang tepat untuk berdoa. Di dalam hadis riwayat Muslim, waktu yang paling tepat atau paling mustajab untuk berdoa adalah sepertiga malam terakhir.
  2. Mencari keadaan yang tepat untuk berdoa. Di dalam hadis Abu Daud, Nasa’i dan Turmuzi, keadaan yang paling tepat untuk memanjatkan doa adalah di antara azan dan iqamah.
  3. Berdoa ke arah kiblat sembari mengangkat tangan. Hal ini sejalan dengan apa yang dilakukan oleh Rasulullah Saw. di dalam hadis yang diriwayatkan Muslim. Ketika berada di padang Arafah, beliau berdoa menghadap kiblat sampai matahari terbenam. Hal ini bukan wajib tentunya, melainkan anjuran saja.
  4. Berdoa dengan khusyuk, rendah hati, dan penuh dengan pengharapan. Hal ini sesuai dengan QS. Al-Anbiya’ ayat 90, “...mereka berdoa kepada Kami dengan harapan dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyuk kepada Kami.” (QS. Al-Anbiya’: 90)
  5. Berdoa dengan suara lirih dan tidak berteriak. Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt., “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (QS. Al-A’raf: 55)
  6. Berdoa dengan mengawali pujian kepada Allah dan bershalawat kepada Nabi Muhammad Saw. Hal ini sejalan dengan hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad.
  7. Wajib meyakini bahwa doa kita pasti dikabulkan oleh Allah. Artinya, kita diwajibkan optimis dan berprasangka baik kepada-Nya. Jangan sebaliknya, berpikir pesimis atau negatif kepada-Nya. Hal ini sejalan dengan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

4 Hal yang Menjadi Penghalang Terkabulnya Doa

  1. Suka makanan dan minuman yang haram.
  2. Terlalu berlebihan dalam berakseptasi, serta meminta agar cepat-cepat dikabulkan doanya.
  3. Hati lalai dan lengah, tidak begitu niat dalam berdoa, tidak begitu ikhlas, dan tidak begitu meyakini tentang aktivitas doa itu sendiri.
  4. Banyak melakukan kemaksiatan.

Itulah doa agar dikabulkan oleh Allah Swt. lengkap dengan rahasia mustajab dan beberapa hal yang dapat menghalanginya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Wallahu A’lam