Download Kitab Nadhom Maqsud Terjemah PDF

Daftar Isi

Download Kitab Nadhom Maqsud Terjemah PDF
Abusyuja.com – Sesuai judul di atas, kami akan membagikan kitab Nadhom Maqsud terjemah Indonesia dalam bentuk PDF, lengkap dengan versi matan dan syarahnya. Kitab yang dikarang Syaikh Ahmad bin Abdurrahim al-Thahthawi (1132-1302 H) ini terdiri dari 113 syair.

Isinya membahas tentang berbagai perubahan bentuk kata atau kalimat di dalam bahasa Arab. Di lingkungan pesantren, ilmu tentang perubahan bentuk kata biasa disebut dengan ilmu Shorof.

Ilmu Shorof dan Nahwu adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Sebab, Ilmu Nahwu membahas tentang perubahan harakatnya, sedangkan Shorof membahas tentang perubahan bentuknya atau hurufnya.


Pada bab pertama, Syaikh Ahmad bin Abdurrahim al-Thahthawi lebih menekankan kitabnya pada pembahasan Fiil Tsulasi (Fiil yang terdiri dari tiga huruf, Fa’ Fiil, ‘Ain Fiil, dan Lam Fiil).

Di baba selanjutnya, beliau membahas tentang Fiil Ruba’i Mujarod dan Mulhaq atau Bab Ruba’i Mujarad. Kemudian di lanjut ke bab Tsulasi Mazid dan Ruba’i Mazid.

Di kalangan awam, istilah-istilah di atas tentu akan sangat asing. Namun bagi mereka yang sudah memiliki dasar ilmu shorof, istilah-istilah tersebut sudah tidak akan asing lagi.

Di baba selanjutnya membahas tentang masdar, macam-macam masdar, yaitu masdar Mim dan Ghairu Mim, dan beberapa hal yang berkaitan dengannya.

Di bab selanjutnya lagi membahas tentang keadaan Fiil Madhi, Fiil Amar, dan Hamzah Washal. Kemudian disusul dengan pembahasan mengenai Fiil Mudharik Mabni Maklum dan Majhul.

Kemudian disusul dengan pembahasan cara membuat Fiil Amar yang hadir, Bentuk Isim Fail, Isim Maf’ul Tsulasi, Tashrifnya Fiil Shahih, Faidah Fiil Lazim dan Muta’adi, Huruf Ilat dan beberapa hukum yang berkaitan dengannya, Mad, dan Ziyadah (tambahan).

Dan di bab terakhir, ada pembahasan tentang Fiil Mu’tal, Mudhaf, dan Mahmuz, serta bentuk Isim Fail dan Maful Bina’ Mu’tal Akhir atau bina’ yang akhirnya kemasukan huruf Ilat.

Semua istilah ini akan sangat tidak asing apabila Anda sudah memiliki pemahaman fundamental dari Ilmu Shorof. Kenapa Shorof sangat penting?

Sebab, dalam mempelajari bahasa Arab, ilmu yang wajib dipelajari selain ilmu Nahwu adalah Ilmu Shorof itu sendiri. Sebab, keduanya sudah diandaikan selayaknya bapak dan ibunya ilmu ketika seseorang ingin mempelajari bahasa Arab.

Penjelasan dari Nadhom ini akan lebih mudah dicerna apabila sebelumnya Anda sudah pernah paham atau hafal tentang tafsiran-tafsiran yang ada di kitab Amtsilah Tashrifiyah. Kitab tersebut adalah kitab paling dasar ketika seorang pemula ingin mempelajari ilmu Shorof.

Download Kitab Nadhom Maqsud PDF

Sesuai judul di atas, kami akan membagikan kitab Nadhom Maqsud terjemah bahasa Indonesia, matan Maqsud dalam bahasa Arab, dan Syarah Maqsud. Berikut link downloadnya:


Demikian pembahasan singkat mengenai kitab Nadhom Maqsud. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam