Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Ushul Fiqh Abdul Wahab Khallaf PDF

Download Ushul Fiqh Abdul Wahab Khallaf PDF
Abusyuja.com – Usul Fiqih dan Ilmu Fiqih adalah dua hal yang berbeda. Ilmu Fiqih adalah  ilmu tentang hukum syara’ yang bersifat praktis dan diperoleh melalui proses istinbat dari berbagai dalil syara’.

Sedangkan Usul Fiqih adalah kumpulan teori atau kaidah yang dapat menghasilkan hukum-hukum syara’. Artinya, sebuah hukum Islam dapat dihasilkan melalui teori atau kaidah-kaidah tersebut.

Menyinggung soal Usul Fiqih, kami akan membagikan kitab bidang tersebut yang dikarang oleh Abdul Wahab Khalaf.

Kitab ini sangat populer di kalangan pesantren, dan menjadi salah satu pegangan wajib bagi Anda yang ingin belajar Usul Fiqih dari dasar.

Sebelum membahas kitabnya, kami akan paparkan secara singkat profil atau pengarang dari kitab Usul Fiqih ini.

Sekilas Tentang Pengarang Kitab Ushul Fiqh Abdul Wahab Khallaf

Sesuai namanya, kitab ini dikarang oleh Abdul Wahab Khallaf. Beliau adalah ulama Islam jenius yang hidup pada masa kolonial Inggris di Mesir pada tahun 1914.

Ulama kelahiran Mesir tahun 1888 itu memiliki rasa berontak tinggi terhadap kolonialisme. Beliau menjadi aktivis pada tahun 1919-1920 untuk memperjuangkan revolusi Mesir.

Singkat cerita, setelah kemerdekaan Mesir terwujud, beliau mulia menekuni disiplin ilmu positif. Tidak hanya hukum di negara Mesir saja yang ia tekuni, Abdul Wahab juga gemar mempelajari berbagai ilmu hukum yang diterapkan di Inggris, Belanda, Prancis, dan negara-negara barat lainnya.

Abdul Wahab Al-Khallaf adalah sosok yang memiliki multitalenta. Beliau mampu menjadi pakar Islam dalam dua bidang aspek, yaitu aspek hukum dan Usul Fiqih. Ciri khas lain yang dimiliki beliau adalah kemampuannya dalam mengimplementasikan aspek durriyah dan syar’iyyah.

Sekilas Tentang Kitab Ushul Fiqh Abdul Wahab Khallaf

Di dalam kitab Ushul Fiqh Abdul Wahab Khallaf ini terdapat berbagai kaidah pokok paling fundamental sebelum seseorang ingin menekuni ilmu Usul Fiqih.


Di bab-bab awal, mualif lebih menekankan pembahasannya pada bab sumber-sumber hukum syariat Islam. Yang pertama tentunya ada Al-Qur’an al-Karim yang menjadi sumber terkuat.

Kedua adalah sunah Nabi, ketiga ada Ijmak atau kesepakatan ulama. Dan Keempat ada Qiyas atau menyamakan sebuah hukum yang ditinjau dari sebab, manfaat, marabahaya, dan aspek-aspek lain.

Kelima adalah istihsan (tidak semua ulama sepakat tentang istihsan sebagai salah satu sumber hukum Islam), yaitu kecenderungan terhadap hal yang dianggap lebih baik meskipun hal itu dianggap tidak baik oleh orang lain.

Keenam adalah Maslahat Mursalah (tidak semua ulama sepakat tentang Maslahat Mursalah sebagai salah satu sumber hukum Islam), yaitu penetapan hukum berdasarkan kemaslahatan yang tidak ditetapkan secara pasti di dalam syara’.

Ketujuh adalah Urf, yaitu kebiasaan atau habit manusia yang dapat diterima oleh akan sehat dan watak yang baik, kemudian hal itu menjadi hukum tersendiri.

Kedelapan ada Istishab, yaitu berpegangan pada hukum yang sudah ada dan ditetapkan, sampai ada dalil lain yang dapat mengubah hukum tersebut.

Kesembilan ada Syariat Umat Terdahulu, yaitu hukum syariat yang diterapkan oleh umat terdahulu baik yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan Sunnah atau tidak.

Dan yang kesepuluh ada Mazhab Sahabat, yaitu pendapat para sahabat Rasulullah Saw. tentang permasalahan yang hukumnya tidak dijelaskan dalam Al-Qur’an dan Sunnah.

Download Kitab Ushul Fiqh Abdul Wahab Khallaf PDF

Sesuai judul di atas, kami akan membagikan kitab Ushul Fiqh Abdul Wahab Khallaf PDF. Berikut link downloadnya:

Download Kitab Ushul Fiqh Abdul Wahab Khallaf PDF Bahasa Arab


Download Kitab Ushul Fiqh Abdul Wahab Khallaf PDF Terjemah Indonesia

Demikian pembahasan singkat mengenai kitab Ushul Fiqh Abdul Wahab Khallaf PDF lengkap dengan biografi pengarangnya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat. Wallahu A’lam