5 Ketentuan Waktu Shalat Fardhu


Batasan 5 waktu shalat (wajib) waktu menurut jam_Shalat merupakan tiang agama tapi tidak semua shalat hukumnya fardhu ada juga yang sunnah. Dan untuk pembahasan kali ini kita fokus-kan dulu di shalat fardhu, dimana semua ummat yang beragama Islam di wajibkan untuk melakukan shalat tersebut. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana ketentuan waktu shalat yang di syariat-kan menurut Al-Qur'an dan Sunnah.
https://abusyuja.blogspot.com/2019/06/5-ketentuan-waktu-shalat-fardhu.html

Berikut Ketentuan waktu/jam 5 Shalat Fardhu 


Ketentuan Waktu Shalat Subuh


Sebagaimana keterangan hadist riwayat Muslim NO. 612 yang berbunyi :

وقت صلاة الصبح من طلوع الفجر ما لم تطلع الشمس

"Waktu Shalat Subuh ialah sejak terbitnya fajar hingga terbitnya matahari"

Dari sini kita tahu bahwa Shalat Subuh adalah shalat yang di lakukan dari terbitnya fajar hingga terbitnya matahari, jadi ketika kita bangun kesiangan dan telah terbit pula matahari kita di wajibkan untuk meng-kadha' (mengganti) shalat subuh kita. Hal ini juga berlaku untuk semua Shalat termasuk Dzuhur, Asar, Maghrib dan Isya'.

Catatan :Perlu anda ketahui bahwa fajar terbagi menjadi dua yaitu : fajar Shadiq dan fajar Kadzib
Fajar kadzib (bohong) adalah fajar yang muncul tetapi akan terbenam lagi dan ini bukanlah fajar yang ikut kedalam waktu shalat subuh.
Sedangkan fajar Shadiq (jujur) adalah fajar yang sebenarnya, yaitu fajar yang merupakan batas awal masuknya shalat Subuh.

Ketentuan Waktu Shalat Dluhur/Dzuhur


Dzuhur merupakan Shalat yang di lakukan di siang hari, tidak seperti halnya shalat isya', Shalat Dzuhur merupakan shalat yang memiliki batasan waktu yang singkat. Adapun ketentuan waktunya sebagaimana sudah di jelaskan di hadist riwayat Muslim No. 612:

وقت الظهر إذ زالت الشمس، ..... ما لم يحضر العصر

 “Waktu Dzuhur ialah ketika matahari tergelincir, ... sampai datangnya waktu Ashar.”

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa ketentuan Shalat Ashar adalah dari tergelincir-nya matahari sampai datangnya waktu Ashar. Jumhur ulama berpendapat bahwa akhir waktu dzuhur adalah awal masuknya Ashar.

Catatan :
Dalam mengukur waktu dzuhur bisa dilakukan dengan cara melihat sebuah tongkat, apabila bayangan sudah menggeser maka masuklah waktu dzuhur dan apa bila bayangan tongkat sudah sama dengan panjang tongkat itu sendiri maka habislah waktu Dzuhur.

Ketentuan Waktu Shalat Asar 


Shalat Ashar juga sering di sebut Shalat Wustho, karena waktu shalat Ashar bertempat di antara siang dan malam, adapun ketentuan waktu shalat Ashar sebagaimana sudah di jelaskan oleh hadist riwayat Imam Bukhari No: 554 yang berbunyi :

ومن أدرك ركعة من العصر قبل أن تغرب الشمس فقد أدرك العصر

Barangsiapa mendapati satu rakaat shalat Ashar sebelum matahari terbenam, maka ia telah mendapati waktu Ashar.”


Dan juga keterangan dari HR. Muslim No. 612 :

وَقْتُ الظُّهْرِ إِذَا زَالَتِ الشَّمْسُ وَكَانَ ظِلُّ الرَّجُلِ كَطُولِهِ مَا لَمْ يَحْضُرِ الْعَصْرُ وَوَقْتُ الْعَصْرِ مَا لَمْ تَصْفَرَّ الشَّمْسُ


Waktu Sholat Zhuhur adalah ketika telah tergelincir matahari (menuju arah tenggelam-nya) hingga bayangan seseorang sebagaimana tingginya selama belum masuk waktu Ashar dan waktu Ashar masih tetap ada selama matahari belum menguning.

https://abusyuja.blogspot.com/2019/06/5-ketentuan-waktu-shalat-fardhu.html

Ketentuan Waktu Shalat Maghrib


Maghrib merupakan shalat yang memiliki batas waktu paling pendek. Jumhur Ulama sepakat bahwa waktu Shalat Maghrib adalah dari tenggelam-nya matahari sampai tenggelam-nya tersebut sempurna, dan biasanya di tandai dengan hilangnya mega merah.
Sebagaimana sudah di jelaskan di hadist riwayat Imam Muslim no. 612:


وقت المغرب ما لم يغب الشفق

“Waktu maghrib berakhir hingga hilangnya awan merah dari cakrawala.”


Ketentuan Waktu Shalat Isya'


Shalat Isya' merupakan shalat yang memiliki waktu yang paling panjang. Adapun awal masuk shalat Isya' adalah dari tenggelam-nya mega merah hingga terbitnya fajar Shadiq (sebagaimana sudah di jelaskan di atas).

Demikian pembahasan mengenai  batasan 5 waktu shalat (wajib) waktu menurut jam, semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat untuk anda. Jika ada yang kurang jelas anda bisa bertanya di kolom komentar bawah. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel