5 Waktu yang tidak diperbolehkan Melakukan Shalat

jam-jam yang dilarang melakukan shalat _Shalat merupakan tiang agama, itu berarti Apabila ada orang yang baik dalam hal salat maka baik pula agamanya,  begitu juga sebaliknya apabila salatnya buruk maka agamanya pun juga pasti buruk.
Selain sebagai rukun Islam salat juga merupakan sebuah media komunikasi antara Hamba dengan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Baca Juga :  5 Ketentuan Waktu Shalat Fardhu

Waktu pelaksanaannya-pun sudah ada ketentuannya. Tetapi perlu Anda ketahui, meski  waktu  salat sudah  memiliki ketentuan,  Anda juga harus paham mengenai jam-jam khusus dimana kita dimakruhkan melakukan salat .

https://abusyuja.blogspot.com/2019/07/5-waktu-yang-tidak-diperbolehkan-melakukan-salat.html
sumber : www.flickr.com

Hukum makruh ini diperuntukkan untuk salat sunah mutlak saja,  adapun  shalat yang memiliki sebab seperti halnya sholat Qodho (Mengganti Shalat Rawatib),  salat Khusufain (Gerhana Matahari dan Bulan)  dan salat Istisqo' (Meminta Hujan) tidak dihukumi makruh.

Ada beberapa Sebab kenapa jam-jam tersebut di hukumi makruh ketika melakukan salat,  salah satunya karena waktu-waktu tersebut merupakan tingkah pola ibadah orang munafik dan di waktu itu pula setan-setan muncul mengeluarkan tanduknya.

5 waktu yang dimakruhkan untuk melakukan salat sunah


1. Sesudah salat subuh hingga terbitnya matahari

Makruh hukumnya Anda melakukan salat Sunnah setelah sholat subuh hingga terbitnya matahari,  kecuali ketika anda melakukan salat Qadha rawatib maka salat tersebut diperbolehkan.

2. Saat terbitnya matahari hingga naik sepenggalah

Maksud sepenggalah disini adalah setinggi galah yaitu antara pukul 7 pagi sampai 8 pagi an.

3. waktu istiwa yaitu ketika matahari tepat di atas kepala kita kecuali di hari Jumat

Hari jum'at di kecualikan karena pada hari itu, umat muslim berkewajiban shalat jumat dan disunnahkan shalat sunnah qabliyyah jum'a.

4. Setelah salat ashar hingga sampai matahari terbenam 

Hal ini juga menjadi sebab kenapa kita tidak di anjurkan shalat sunnah ba'diyyah Asar, karena pada jam tersebut kita di makruhkan shalat sunnah apapun termasuk ba'diyyah.

5. Ketika matahari terbenam hingga sempurnanya tenggelam. 

Dalam bahasa yang familiyar sering juda di sebut momen sunset. Makruh hukumnya shalat ketika momen sunset, hal itu dikarenakan akan ada kesamaan dengan orang-orang yang menyembah matahari.

Baca Juga :  Penjelasan Waktu Shalat Tasbih dan Keutamaannya

Itulah jam-jam yang dilarang melakukan shalat sunnah, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel