10 Sunnah-Sunnah Mandi Wajib

Sunnah Mandi Wajib_Mandi Wajib adalah proses membersihkan diri dari hadas besar dengan cara meratakan air dari ujung rambut sampai ujung kaki, Didalam mandi wajib ada beberapa kesunnahan yang perlu anda ketahui. Tapi sebelumnya jika anda belum terlalu mengenal apa itu mandi wajib, silahkan kunjungi artikel di bawah ini :

Baca Juga : Tata Cara Mandi Wajib yang Benar Beserta Penjelasannya Lengkap

Jika sudah, kita lanjtutkan pembahasan mengenai sunnah-sunnah mandi wajib beserta penjelasannya lengkap.

Sunnah-Sunnah Mandi Wajib


1. Mengawali dengan Bismillah

Tidak cuma wudhu saja, membaca bismillah juga salah satu dari kesunnahan mandi wajib. Adapun minimal bacaan bismillah adalah "Bismillah", sedangkan yang paling baik adalah "Bismillahirrahmaanirrahim".

https://abusyuja.blogspot.com/2019/08/10-sunnah-sunnah-mandi-wajib.html
Selain mandi dan wudhu ada beberapa hal lain yang di sunnahkan membaca bismillah, diantaranya yaitu : Sebelum tayamum, membaca Al-Qur'an, Makan, Minum dan masih banyak lagi.

2. Membuang Kotoran dari Tubuh Kita

Sunnah mandi yang kedua yaitu membersihkan kotoran dari tubuh kita. Entah kotoran yang najis maupun yang suci, kita di sunnahkan membersihkannya terlebih dahulu dengan cara menggosok-gosok dan membersihkannya dengan air. Contoh: Lendir Hidung, Mani, madzi, wadzi dan lain sebagainya.

3. Kencing Sebelum Mandi

Sunnah mandi yang ketiga adalah Kencing sebelum mandi. Salah satu penyebab wajib mandi adalah keluarnya mani, dari kencing itulah agar sisa-sisa mani didalam kemaluan kita bisa ikut keluar.

4. Berwudhu Sebelum Mandi

Sunnah mandi yang keempat adalah melakukan wudhu dengan sempurna, dan berwudhu disini tidak ada alasan mengenai hukumnya karena semua di kembalikan kepada Ittiba' kepada Rasulullah SAW.

Dan di sunnahkan dalam wudhu tersebut untuk melakukan sunnah-sunnah wudhu seperti berkumur, membersihkan hidung dan lain-lain.


5. Menjaga kesucian dari Hadas Kecil Sampai selesai Mandi

Jadi kita di sunnahkan selalu menjaga kesucian hadas kecil saat mandi, dan apabila di tengah-tengah mandi kita mengeluarkan hadas, maka kita tetap di sunnahkan melakukan wudhu lagi. Dan apabila ia batal lagi pada saat mandi telah usia, ia tetap diharuskan wudhu untuk mensucikan diri dari hadas kecil.

6. Menggosok bagian-bagian yang susah dialiri air

Sunnah yang ke enam adalah menggosok anggota tubuh yang dialiri air, seperti : Ketiak, daun telinga, lubang pusar dan lain-lain. Hal ini bertujuan untuk meratakan air ke seluruh tubuh yang memang menjadi rukun sah nya mandi.

7. Menggosok bagian-bagian yang masih bisa di jamah oleh tangan

Sunnah yang ketujuh adalah Menggosok bagian-bagian yang masih bisa di jamah oleh tangan. Contoh : Lubang hidung, lubang telinga, lubang dubur dan lain sebagainya.

8. Mengulangi basuhan sebanyak tiga kali

Hal ini berlaku untuk semua basuhan dan gosokan, apabila menggunakan air mengalir kita cukup mengulangi basuhan sebanyak tiga kali, sedangkan apabila kita mandi di sungai, kolam renang, kita cukup mengusap-usap bagian anggota saja dengan tangan.

9. Menghadap kiblat

Didalam Kitab Fathul Mu'in dijelaskan bahwa menghadap kiblat merupakan kesunnahan mandi. Selain menghadap kiblat, di kitab juga di jelaskan bahwa di sunnahkan pula pada saat mandi yaitu tidak berbicara (kecuali jika ada perlu), dan tidak menyeka air ketika tidak ada udzur.

10. Tidak mandi di air yang tidak mengalir

Sunnah yang terakhir adalah tidak mandi atau wudhu ditempat yang tidak mengalir dan tidak bertambah. Contoh : Air Telaga yang tidak mengalir dan tidak bisa semakin banyak.

https://abusyuja.blogspot.com/2019/08/10-sunnah-sunnah-mandi-wajib.html
Dan berikut beberapa ketentuan yang berkaitan dengan mandi :

Mandi dengan niat mandi junub sekaligus mandi sunnah

Diperbolehkan menggabungkan dua niat mandi seperti mandi junub dan mandi sunnah seperti mandi di hari Jumat. Tetapi yang paling utama, alangkah baiknya jika kita memisah dua aktivitas tersebut.

Dan pada saat mandi kita diperbolehkan telanjang di tempat yang sepi atau dihadapan orang yang boleh melihat aurat kita seperti istri.

Tetapi apabila telanjang di hadapan orang lain hukumnya haram. 

Itulah pembahasan mengenai 10 Sunnah-Sunnah Mandi Wajib. Jika masih ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar. Cukup sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel