Tata Cara Shalat Dhuha Beserta Doa,waktu dan Keutamaannya

Abu Syuja_Shalat Dhuha adalah shalat sunnah yang di lakukan di waktu pagi sebelum masuk waktu dzuhur. Sedangkan tata cara shalat dhuha sebenarnya sama saja seperti shalat-shalat sunnah pada umumnya. mulai dari takbiratul ikhram, rukuk, sujud, i'tidal. yang menjadi pembeda disini adalah letak pada niat, bacaan, waktu dan doanya.

Baca Juga :
Shalat dhuha sangat di anjurkan bagi kita karena memiliki banyak sekali keutamaan-keutamaan. Hal ini terbuktikan dengan banyaknya hadist-hadist yang menjelaskan betapa besarnya manfaat yang terkandung dalam amalan shalat dhuha. Dan berikut keutamaan-keutamaan yang terkandung di dalam shalat dhuha :
https://abusyuja.blogspot.com/2019/08/tata-cara-shalat-dhuha-beserta-doa-waktu-dan-keutamaannya.html

Keutamaan Shalat Dhuha


1. Shalat Dhuha setara dengan Bersedekah Sebanyak 360 Kali

Satu kali melaksanakan shalat dhuha itu sama saja kita bersedekah sebanyak 360 Kali. Sebagai mana di jelaskan dalam hadist Ahmad dan Abu Daud yang meriwayatkan dari Buraidah bahwa Rasulullah SAW bersabda :

https://abusyuja.blogspot.com/2019/08/tata-cara-shalat-dhuha-beserta-doa-waktu-dan-keutamaannya.html
Dalil hadits diatas menunjukkan betapa besarnya keutamaan salat duha, betapa tinggi kedudukan serta betapa kerasnya syariat menganjurkannya. 2 rakaat Dhuha dapat menggantikan 360 kali sedekah . Oleh sebab itu hendaklah dilakukan secara terus menerus.

2. Dicukupi Segala Kebutuhan Kita

Cukup bukan berarti apa yang semua kita minta akan di turuti oleh Allah SWT, karena tidak semua yang kita minta termasuk dalam kebutuhan kita. Cukup disini adalah apa saja yang kita butuhkan terpenuhi.

Barang siapa yang mau mendirikan shalat dhuha, maka Allah SWT akan mencukupi kebutuhannya. Sebagaimana di jelaskan dalam hadist :


https://abusyuja.blogspot.com/2019/08/tata-cara-shalat-dhuha-beserta-doa-waktu-dan-keutamaannya.html

3. Merupakan Anjuran Langsung dari Rasulullah SAW.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadist Abu Hurairah : "Nabi SAW yang tercinta memberiku pesan tentang tiga hal ini : (1) Berpuasa tiga hari dalam satu bulan, (2) Shalat Witir sebelum tidur dan (3) shalat dhuha di permulaan siang." (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Dibangunkan Rumah di Surga

Sebagaimana dijelaskan dalam hadist Sahih Bukhari : Rasulullah SAW bersabda : "Barang siapa yang shalat dhuha empat rakaat dan empat rakaat lagi sebelumnya maka kelak ia akan dibangunkan rumah surga" Jadi bagi kita yang rajin dan mengistiqomahkan shalat dhuha, maka kelak akan dibangunkan rumah di surga Allah SWT.

Waktu shalat dhuha

Shalat dhuha adalah ibadah yang dilakukan pada saat waktu dhuha, penamaan shalat tersebut di ambil dari waktu pelaksanaannya yaitu dhuha. Sedangkan waktu dhuha sendiri adalah pada saat matahari naik 7 hasta atau dalam jam kita kisaran setengah tujuh pagi. sedangkan akhir waktu dhuha adalah sampai masuknya waktu dzuhur.

Waktu Shalat Dhuha yang Paling Utama

Waktu paling utama untuk melaksanakan shalat dhuha adalah ketika matahari sudah agak meninggi dan mulai panas. Hal ini di jelaskan dari hadist Zaid bin Arqam, beliau berkata :

https://abusyuja.blogspot.com/2019/08/tata-cara-shalat-dhuha-beserta-doa-waktu-dan-keutamaannya.html

Jumlah Rakaat Shalat Dhuha

Rakaat shalat dhuha yang paling sedikit adalah dua rakaat sebagaimana telah dijelaskan dalam hadist Abu Dzar, dan sebanyak-banyaknya yang dikerjakan Rasulullah SAW adalah Delapan rakaat. Tetapi beliau pernah berkata bahwa boleh melakukan shalat dhuha sebanyak dua belas rakaat.

Abu Ja'far Thabri berpendapat bahwa tidak ada batasan pada rakaat shalat dhuha. Sedangkan dari golongan Mazhab Syafi'i sependapat dengan ketentuan di atas. Hal ini dilandasi dengan beberapa dalil diantaranya adalah:

Dalam syarah Turmudzi, Al-Iraqi berkata " Saya tidak pernah melihat seorangpun dari sahabat maupun tabi'in yang membatasinya sampai dua belas rakaat" Demikian yang dikatakan Imam Suyuthi.

Tata Cara Sholat Dhuha Bagi Pemula

Jika kita pemula dan ingin mengamalkan shalat dhuha, hendaklah lakukan dengan jumlah rakaat yang ringan dulu, seperti dua rakaat atau empat rakaat, jadi tidak perlu langsung bertele-tele seperti dua belas rakaat, hal tersebut akan memberatkan kita. Sebisa mungkin, lakukan shalat dhuha tanpa ada rasa berat di jasmani maupun rohani.

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa pelaksanaan shalat dhuha sama saja dengan gerakan shalat pada umumnya, yang menjadi pembeda disini adalah niat, doa dan waktu pelaksanaannya.

Doa / niat sholat dhuha latin

Usholli Sunnatadh Dhuhaa Rok’ataini Mustaqbilal Qiblati Adaa’an Lillaahi Ta’aalaa.

Doa Bahasa Indonesia 
Ya Allah, Aku meniatkan diri melaksanakan shalat sunnah dhuha dua rakaat dengan menghadap kiblat

Cara Shalat Dhuha Dua Rakaat


  • Niat sembari takbiratul ikhram
  • Membaca doa Iftitah (Hukumnya Sunnah)
  • Membaca Surat Al-Fatihah
  • Membaca Surat As-Syams, Berikut bacaannya :

https://abusyuja.blogspot.com/2019/08/tata-cara-shalat-dhuha-beserta-doa-waktu-dan-keutamaannya.html

  • Ruku'
  • I'tidal
  • Sujud
  • Duduk diantara dua sujud
  • Sujud yang kedua
  • Berdiri lagi untuk melakukan rakaat kedua
  • Membaca surat Al-Fatihah dan Surat Ad-Dhuha
  • kemudian rukuk 
  • Dan lakukan sama persis seperti rakaat pertama

Cara Shalat Dhuha 4 rakaat, 8 rakaat dan 12 rakaat

Untuk tata cara shalat dhuha 4 rakaat, 8 rakaat dan 12 rakaat sebenarnya sama saja dengan 2 rakaat.  12 rakaat disini bukan berarti kita shalat sebanyak 12 rakaat bersambung dengan satu kali salam, melainkan terpisah, 2 rakaat dengan satu salam hingga berjumlah 12 rakaat. Hal ini juga berlaku untuk 4 dan 8 rakaat.

Doa mustajab sholat dhuha

Didalam Kitab I'anatut Thalibin, Hasyiyatul Jamal dan Tuhfatul Muhtaj yaitu kitab-kitab fiqih golongan mazhab Syafi'i di jelaskan bahwa berikut doa-doa yang mustajab ketika kita selesai menunaikan shalat dhuha :

Doa Shalat Dhuha 1 :

https://abusyuja.blogspot.com/2019/08/tata-cara-shalat-dhuha-beserta-doa-waktu-dan-keutamaannya.html

Doa Shalat Dhuha 2 :

https://abusyuja.blogspot.com/2019/08/tata-cara-shalat-dhuha-beserta-doa-waktu-dan-keutamaannya.html

Itulah pembahasan mengenai Dhuha Beserta Doa,waktu dan Keutamaannya, Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel