7 Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Medan

Kota Medan merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Utara. Dan juga merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Surabaya dan Jakarta, serta menjadi kota terbesar di luar Pulau Jawa. Medan juga menjadi salah satu kota pertumbuhan utama di Indonesia, selain Surabaya, Jakarta, dan Makasar. Selain memiliki lembaga pendidikan formal, kota Medan ternyata juga memiliki lembaga agama seperti pondok pesantren.

Baca juga:
Pondok-pondok ini didirikan untuk memberdayakan masyarakat agamis, serta menjadikan kota Medan sebagai daerah dengan iklim religius, ramah, beradab, serta beradat. Berikut kami paparkan daftar nama pondok pesantren di Sumatera Utara, khususnya pada wilayah Medan, Sumut, Johor dan sekitarnya.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Medan

Pondok pesantren di Medan tidak hanya mengusung sistem pendidikan salaf (tradisional), tetapi juga menggunakan sistem kholaf (modern). Jadi, para santri tidak hanya diajari tentang kitab-kitab kuno saja, melainkan juga ilmu pengetahuan umum, serta sistem pembelajaran formal yang melibatkan kurikulum dari pemerintah.

1. Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Medan

https://www.abusyuja.com/2020/03/7-daftar-nama-pondok-pesantren-di-kota-medan.html
Darul Hikmah Medan .Sumber (darunnun.com)
Nama pesantren di Medan pertama adalah Darul Hikmah. Pondok pesantren Modern Darul Hikmah adalah sebuah Institusi yang didirikan oleh Yayasan Taman Pendidikan Islam (TPI). Institusi tersebut didirikan oleh KH. Rifa'i Abdul Manaf pada tahun 1950. Pondok pesantren yang terletak di Medan Sumatra Utara ini sekarang diasuh oleh anak kandung KH. Rifa'i yaitu Prof. H. Ismet Danial.

Pondok pesantren ini menerapkan sistem kurikulum terpadu antara ilmu agama dengan ilmu umum, yang sesuai dengan ajaran Islam yang tidak mengenal dikotomi dan pemilihan ilmu. Di pondok ini juga sering kali diadakan studi banding ke beberapa media televisi, serta tempat-tempat usaha yang kompetitif.

2. Pondok Pesantren Darussalam Medan

https://www.abusyuja.com/2020/03/7-daftar-nama-pondok-pesantren-di-kota-medan.html
Pondok pesantren Darussalam Medan. Sumber (Facebook)
Pondok pesantren Darussalam Medan merupakan lembaga agama yang mengedepankan ilmu agama dan interaksi sosial. Pondok ini juga memiliki program sosial rutin, seperti menyantuni orang-orang tidak mampu yang ada di sekitar pondok.

Pondok pesantren Darussalam Medan juga memiliki  ekstrakurikuler MTQM, bahkan beberapa dari santri pondok tersebut Sudah beberapa kali terlibat di kompetisi akbar seperti MTQ Nasional di Medan. Bagi anda yang berminat mendaftarkan diri  atau mendaftarkan anak Anda ke pondok pesantren Darussalam, silakan kunjungi alamat kantornya di Kp Cileuksa RT 004/05 MEDAN atau telepon 026 121 2349.

3. Pondok Pesantren Al-Kautsar Medan

https://www.abusyuja.com/2020/03/7-daftar-nama-pondok-pesantren-di-kota-medan.html
Pondok Pesantren Al-Kautsar Medan. Sumber (Nu.or.id)
Pondok Pesantren Al-Kautsar merupakan salah satu ponpes yang berada di Kota Medan Sumatera Utara. Lembaga ini merupakan salah satu pondok pesantren berbasis Nahdlatul Ulama (NU) yang melahirkan tokoh-tokoh NU masyhur dan moderat.

Pondok pesantren yang berdiri sejak 1986 ini telah memiliki ribuan alumni. Dan masih memiliki santri aktif sebanyak 800 orang. Pondok pesantren ini juga memiliki beberapa ekstrakurikuler andalan seperti rebana, marawis, gambus, dan lain-lain. Alamatnya ada di Jl. Pelajar No. 264, Binjai, Medan, Sumatera Utara.

4. Pondok Pesantren Al-Husnah Medan

https://www.abusyuja.com/2020/03/7-daftar-nama-pondok-pesantren-di-kota-medan.html
Sumber (pondokpesantrenalhusna.blogspot.com)
Pondok pesatren Al-Husnah merupakan pondok modern yang memiliki sistem program unggulan seperti hufadz, yaitu program bagi santriwan-santriwati yang ingin menghafal Al-Qur'an 30 Juz. Pondok pesantren yang terletak di Desa Marindal ini juga menelaah beberapa kitab hadist masyhur seperti Mustholah Hadist. Lembaga ini juga menyediakan lembaga pendidikan formal seperti MIS dan SMP, dan SMA yang dikelola langsung dibawah naungan lembaga.

Visi pondok pesantren Al-Husnah Medan adalah menciptakan insan yang terampil serta mandiri. Sehingga, kelak di masyarakat dapat dipergunakan ilmu agamanya. Pondok pesantren ini terletak di Pelajar Pasar III Desa Marindal I Kecamatan Patumbak Medan Sumatera Utara.

5. Pondok Pesantren Darul Arafah Medan

Pondok Pesantren Darul Arafah merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam di Medan. Pondok yang terletak di kecamatan Kutalimbaru ini memiliki jumlah santri aktif sebanyak 3000 orang. Pondok ini juga menyediakan lembaga pendidikan formal seperti MI, MTs, dan MA (Madrasah Aliyah).

Selain menerapkan sistem salaf (kelasik), pondok ini juga telah menerapkan sistem kholaf (modern). Jadi tidak hanya diajarkan tentang ilmu agama saja, tetapi juga ilmu umum seperti Fisika Matematika, Bahasa Inggris. Dan tidak menutup kemungkinan alumnus dari Pondok ini juga berkesempatan untuk meneruskan ke jenjang perguruan tinggi formal.

6. Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan

https://www.abusyuja.com/2020/03/7-daftar-nama-pondok-pesantren-di-kota-medan.html
 Ar-Raudlatul Hasanah Medan. Sumber (steempeak.com)
Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah merupakan salah satu pondok pesantren di Medan yang terkenal akan kedisiplinannya. Semua santri diwajibkan untuk mukim didalam sebuah asrama, jadi tidak boleh nglaju (ngaji di pondok kemudian pulang kerumah)

Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah juga memiliki peraturan yang ketat. Semua santri dituntut untuk disiplin, mentaati peraturan, serta mandiri dalam membagi-bagi waktu. Bahkan ketika jamaah shalat, para santri diharuskan membawa busana yang lengkap dan sopan, termasuk menggunakan sajadah, tasbih, dan peci.

Hal tersebut bertujuan untuk menghormati ibadah shalat, yaitu sebuah ibadah yang paling utama.  Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah terletak di Jl. Glugur Rimbun Desar Bakeri, Kecamatan Kutilambaru, Medan, Sumatera Utara.

7. Pondok Pesantren Al Manar Medan 

https://www.abusyuja.com/2020/03/7-daftar-nama-pondok-pesantren-di-kota-medan.html
Al-Manar Medan. Sumber (brnews.id)
Pondok Pesantren Al Manar berdiri pada tahun 2001. Meskipun belum terlalu tua, pondok pesantren ini ternyata memiliki kualitas pendidikan yang tidak kalah baik dibanding dengan ponpes-ponpes lain. Mengingat, proses berdirinya pondok ini tidak lepas dari peran alumni santri-santri Gontor, sebuah pondok yang terkenal telah melahirkan tokoh-tokoh besar.

Pondok Pesantren Al Manar berdiri di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam dan Penyantunan Anak Yatim "Bungong Jeumpa". Pondok modern ini juga memiliki banyak sekali fasilitas, seperti asrama, lapangan bola, lapangan basket, lapangan futsal, lapangan volly, serta fasilitas-fasilitas pendukung, seperti Genset pembangkit listrik, Koperasi, dan mini Bus. Alamat : Jl. Karya Bakti No.34 Medan Johor, Medan Sumatera Utara.

Itulah 7 nama-nama pondok pesantren yang terletak di kota Medan Sumatera Utama. Semoga dapat membantu anda dalam mencari Pondok Pesantren impian di kota Medan. Dan yang terakhir, pesan untuk seluruh orang tua, jangan takut menitipkan anak anda di pondok pesantren. Karena di pondok, anak-anak anda akan diajarkan untuk mandiri, mengatur keuangan, serta diajari ilmu agama oleh orang-orang jelas keilmuannya, yang tentunya semua itu akan berguna bagi masa depannya kelak, baik masa depan dunia, maupun masa depan akhirat. Wallahu A'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel