9 Pondok Pesantren Terbaik di Solo dan Sekitarnya

Abusyuja.com_Solo merupakan salah satu kota otonom yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Selain menjadi kota yang masyhur dikenal sebagai pusatnya maulid Nusantara, kota Solo ternyata juga memiliki beberapa pesantren yang cukup terkena dan bagus.

Baca juga:
Pesantren merupakan sebuah lembaga agama yang digunakan untuk menimba ilmu agama. Tetapi ada juga pondok di solo yang menyediakan unit pendidikan formal, seperti MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA. Memadukan ilmu agama dengan ilmu umum merupakan sebuah langkah yang tepat, mengingat kemajuan zaman menuntut pelajar untuk bisa menyeimbangkan antara ilmu agama dengan ilmu umum. Jadi tidak condong pada satu sisi saja.

Pondok pesantren di Solo Jawa Tengah

Berikut kami paparkan beberapa nama-nama pondok pesantren di Solo dan sekitarnya rekomendasi Abusyuja.com :

1. Pondok Pesantren Ta'mirul Islam

https://www.abusyuja.com/2020/03/9-pondok-pesantren-terbaik-di-solo-dan-sekitarnya.html
Pondok Pesantren Ta'mirul Islam merupakan sebuah lembaga agama yang telah berdiri sejak tahun 1928. Namun pondok ini mulai berkembang secara signifikan setelah memasuki umur 40 tahun, tepatnya adalah pada tahun 1968. Perkembangan pondok ini agak sulit dikarenakan pada saat itu masih masanya penjajahan belanda.

Pondok yang terletak di Jl. KH. Samanhudi No. 03 Tegalsari Surakarta ini juga memiliki beberapa unit pendidikan formal, diantaranya adalah SD dan SMP. Selain itu, pondok pesantren ini juga memiliki program ngaji masyarakat seperti pesantren kilat atau pengajian Syawalan.

2. Pondok Pesantren Al-Muayyad Solo

https://www.abusyuja.com/2020/03/9-pondok-pesantren-terbaik-di-solo-dan-sekitarnya.html
Pondok Pesantren Al-Muayyad merupakan salah satu pondok yang berdiri pada tahun 1930. Pondok Pesantren Al-Muayyad Solo juga merupakan salah satu pondok pesantren Al-Qur'an tertua di Solo. Pendirinya adalah KH. Abdul Manan dan KH. Sofawy.

Selain menyediakan sistem salaf dan Tahfidz Qur'an, Pondok Pesantren Al-Muayyad Solo juga memiliki jenjang pendidikan formal, diantaranya adalah SD, SMP, sampai SMA. Bagi anda yang ingin mondok atau ingin menitipkan buah hati ke pondok, pondok Al-Muayyad merupakan pilihan yang tepat, mengingat pondok pesantren ini merupakan pondok Qur'an tertua di Solo.

Pondok Pesantren Al-Muayyad Solo bediri kokoh di Jl. K.H Samanhudi No.64, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 

3. Pondok Pesantren Al-Irsyad

https://www.abusyuja.com/2020/03/9-pondok-pesantren-terbaik-di-solo-dan-sekitarnya.html
Pondok Pesantren Al-Irsyad merupakan salah satu pondok pesantren yang terletak di Jl. Solo Semarang Desa Butuh Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Pondok Pesantren Al-Irsyad tidak hanya menerapkan sistem salaf, tetapi juga memiliki jenjang pendidikan formal, diantaranya adalah SD Islam Tahfidzul Qur'an, Mutawasithah (Setingkat MTs/SMP), I'dad Lughawi dan I'dad Mu'allimin (pra MA dan SMA).

Selain jenjang di atas, Pondok Pesantren Al-Irsyad juga memiliki jenjang perguruan tinggi, diantaranya dalalah proyeksi studi lanjutan di Timur Tengah, yaitu Arab Saudi, Mesir, Sudan, Yordania, Turki, Kuwait.

Alamat lengkap pondok Al-Irsyad : Jl. Raya Solo-Semarang KM No.45, Butuh, Tengaran, Tluko, Butuh, Kec. Tengaran, Semarang, Jawa Tengah

4. Pondok Pesantren Modern Islam Assalam

https://www.abusyuja.com/2020/03/9-pondok-pesantren-terbaik-di-solo-dan-sekitarnya.html
Pondok Pesantren Modern Islam Assalam merupakan salah satu pondok pesantren terbaik di Solo. Pondok Pesantren Modern Islam Assalam didirikan langsung oleh Yayasan Majelis Pengajian Islam (YMPI) yang ada di Solo, dan berdiri sejak tanggal 7 Agustus 1982.

Alasan Pondok Pesantren Modern Islam Assalam disebut pondok pesantren terbaik di Solo karena memiliki sistem kurikulum yang cukup lengkap, diantaranya adalah :
  • Program akselerasi untuk MTs dan SMA, serta kelas Akselerasi dan kelas International di MTs.
  • Program khusus bagi yang mau menghafal Al-Qur'an Kulliyatul Qur'an wal Hadits (KTQ)
  • Bahasa Arab dan bahasa Inggris digunakan untuk bahasa sehari-hari dan penyampaian pembelajaran.
Dan juga beberapa ekstrakurikuler yang membuat pondok ini menjadi salah satu pondok pesantren terbaik di Solo :
  • Tempat Ibadah (Masjid)
  • Asrama
  • Laboratorium Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
  • Laboratorium MIPA dan Matematika
  • Laboratorium Komputer
  • Laboratorium Astronomi dan Ilmu Falak
  • Observatorium Assalaam
  • Perpustakaan
  • Poliklinik
  • Koperasi
  • Warung internet
  • Warung telekomunikasi
  • ATM
  • Lapangan futsal, sepak bola, basket, voli
  • Laundry
  • Dan masih banyak lagi
Alamat lengkap Pondok Pesantren Islam Modern Assalam : Kartasura, Jalan Garuda Mas, Pabelan, Sukoharjo - Surakarta, Mendungan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

5. Pondok Pesantren Askhabul Kahfi

https://www.abusyuja.com/2020/03/9-pondok-pesantren-terbaik-di-solo-dan-sekitarnya.html
Pondok Pesantren Askhabul Kahfi merupakan lembaga pendidikan Islam yang terletak di Jl. Raya Cangkiran-Gunungpati, Polaman, Kec. Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah. Pondok Pesantren Askhabul Kahfi juga merupakan salah satu pondok yang cukup muda, karena didirikan pada tahun 2008. Meskipun tergolong pondok yang masih muda, ternyata pondok ini sudah memiliki santri aktif kurang lebih 900 orang.

Selain mengedepankan sistem salaf. Pondok Pesantren Askhabul Kahfi juga memiliki jenjang pendidikan yang cukup lengkap, diantaranya yaitu Pesantren Salaf, Pesantren Tahfidz (Khusu penghafal Qur'an), Madrasah Diniyah, Lembaga Kajian Bahasa Arab (LKBA), Lembaga Kajian Bahasa Iggris (LKBi), Lembaga Penyiaran Dakwah Islam (Radio), Lembaga Kajian Tafsir Al-Qur'an (LKTA), MTs, MA, SMP, dan SMK.

6. Pondok Pesantren Darul Qiyam Gontor 6

https://www.abusyuja.com/2020/03/9-pondok-pesantren-terbaik-di-solo-dan-sekitarnya.html
Pondok Pesantren Darul Qiyam Gontor 6 merupakan salah satu pondok cabang yang berada di daerah Magelang. Pondok ini pusatnya adalah Darut Qiyam Gontor yang berada di Malang Jawa Timur. Pondok Pesantren Darul Qiyam Gontor 6 meskipun hanya cabang, tetapi kualitas santri yang dihasilkan tidak kalah baik dibandingkan dengan pondok induknya.

Pondok Pesantren Darul Qiyam Gontor 6 didirikan oleh HJ. Qoyumi Kafrawi yang juga merupakan salah satu alumni dari Pondok Pesantren Gontor. Selain pendidikan agama, Pondok Pesantren Darul Qiyam Gontor 6 juga memiliki unit pendidikan yang lengkap, diantaranya adalah jenjang formal, seperti TK, SMP, SMA, sampai perguruan tinggi.

Pondok ini berdiri kokoh di Gadingsari, Mangunsari, Sawangan, Jawa Tengah, Mranggen, Mangunsari, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

7. Pondok Pesantren Modern Selamat

https://www.abusyuja.com/2020/03/9-pondok-pesantren-terbaik-di-solo-dan-sekitarnya.html
Pondok Pesantren Modern Selamat merupakan salah satu lembaga pendidikan islam yang berdiri pada tahun 1992. Pendirinya adalah salah satu alumni dari Pondok Pesantren Darussalam Gontor, yaitu Selamet Soemadyo.

Pondok Pesantren Modern Selamat tidak hanya menyediakan unit pendidikan agama saja, melainkan juga jenjang pendidikan formal. Berkat dukungan masyarakat, pondok ini dapat berkembang dengan pesat. Jadi tak heran jika Pondok Pesantren Modern Selamat termasuk dalam salah satu pondok pesantren terbaik di kota Solo.

Pondok yang terletak di Jl. Raya Soekarno-Hatta No.Km, Gondoarum, Jambearum, Kec. Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap :
  • Asrama
  • Laboratorium
  • Ruang Makan
  • Ruang Kesehatan
  • Ruang Observasi
  • Kantin
  • Kolam Renang 
  • Taman dan Gazebo
  • Dan masih banyak lagi
Dan beberapa ekstrakurikuler unggulan seperti Rebana, Seni baca Al-Qur’an, Muhadharah, Pramuka , PMR,  Paskibra, Provos, Jurnalistik, Seni tari, Seni Kriya, Kaligrafi, Komputer, Seni musik, Teater , Pencak Silat, Karate, Taekwondo, Volley, Basket, Sepak Bola, Futsal, Atletik, Bulu Tangkis, Karya Ilmiah Remaja, dan masih banyak lagi.

8. Pondok Pesantren Darul Amanah

https://www.abusyuja.com/2020/03/9-pondok-pesantren-terbaik-di-solo-dan-sekitarnya.html
Pondok Pesantren Darul Amanah merupakan cabang dari pondok pesantren Darunajjah yang ada di Jakarta. Walaupun hanya cabang, pondok pesantren ini ternyata dapat berkembang dengan pesat berkat dukungan warga dan para tokoh-tokoh masyarakat.

Pesantren ini terletak di  Jl. Sukorejo - Tersono No.KM. 04, Kabunan, Ngadiwarno, Kec. Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

Tak lengkap jika lembaga pendidikan hanya menyediakan sistem salaf (kuno), seperti pondok-pondok pada umumnya, Pondok Pesantren Darul Amanah juga memiliki jenjang pendidikan formal, diantaranya adalah SD, SMP, SMA, sampai perguruan tinggi.

9. Pondok Pesantren Jamsaren Surakarta

https://www.abusyuja.com/2020/03/9-pondok-pesantren-terbaik-di-solo-dan-sekitarnya.html
Pondok Pesantren Jamsaren mrupakan lembaga pendidikan Islam yang didirikan pada tahun 1750. Sistem pendidikan yang digunakan adalah salafiyah dan madin (madrasah diniyah), serta beberapa unit pendidikan formal seperti SLTP, SLTA yang berada di bawah naungan Yayasan Perguruan Al-Islam Surakarta.

Untuk sistem salafnya sendiri menggunakan metode yang umum, yaitu dengan menekankan beberapa pembelajaran kuno dengan tulisan Arab Peghon, kemudian diajarkan pula beberapa grametika pokok seperti Nahwu, Sorof, I'lal, dan I'rab. Tidak hanya grametika, di pondok pesantren ini juga diajarkan beberapa ilmu pokok Islam seperti Fiqih, Tajwid, Tafsir, serta Tasawuf. Dan beberapa metode pengajaran pondok pada umumnya seperti soroga, bandongan, serta musyawarah.

Pondok Pesantren Jamsaren terletak di Jl. Veteran No.263, Serengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel